RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » Anak yang Ditinggal Ibunya Bekerja, Mudah Gemuk

Anak yang Ditinggal Ibunya Bekerja, Mudah Gemuk

Apakah Anda ibu bekerja? Sebuah penelitian menemukan bahwa anak-anak yang memiliki ibu bekerja lebih mudah overweight ketimbang yang ibunya menemani mereka di rumah.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Child Development itu meneliti 990 anak-anak berusia 8-12 tahun. Meskipun penelitian itu meneliti anak-anak yang berusia lebih tua, bukan berarti hal serupa tidak berlaku pada anak-anak berusia lebih muda.

Pemimpin penelitian tersebut Taryn Morrissey mengungkapkan, timnya meneliti indeks massa tubuh 990 anak-anak tersebut. Setiap enam bulan anak-anak yang ditinggal ibunya bekerja itu berat badannya naik 1 pound. Kenaikan tersebut naik secara kumulatif saat mereka duduk di kelas lima dan enam.

Namun apa penyebab kenaikan berat badan tersebut, penelitian itu tidak membeberkan sebab yang jelas. Peneliti dari Universitas Cornell Carol M. Devine pernah meneliti pilihan makanan dari keluarga bekerja yang pendapatannya tidak terlalu tinggi.

“Saat tidak makan bersama dengan keluarga biasanya pilihan makanan tidak sehat dan orang menjadi lebih gemuk,” ujarnya.

Dilansir CNN, anak-anak yang ditinggal ibunya bekerja ini biasanya tidak dikontrol makanannya saat dia pulang dari sekolah. Anak-anak bisa jajan sesukanya sehingga cenderung memilih makanan yang tidak sehat dan bisa menyebabkan kegemukan. Terkadang, anak-anak ini juga mendapat makan malam siap saji dari ibu mereka yang bekerja.

Meski begitu, rasanya tidak adil menyalahkan ibu bekerja atas kasus overweight ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar hal ini tidak terjadi. Apapun Anda, baik ibu bekerja atau ibu rumah tangga, menyediakan makanan sehat untuk sehari-hari penting dilakukan. Memasukkan agenda olahraga bersama setiap akhir pekan juga perlu. Olahraga ini tidak perlu terlalu serius, cukup jalan kaki bersama atau berenang sambil bermain. (Mitra FM/wlp)

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*