RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » 6 Cara Aman dan Cepat Atasi Stres

6 Cara Aman dan Cepat Atasi Stres

Tidak seperti yang Anda kira, menghilangkan stres bukanlah hal yang sulit. Hanya dengan enam cara sederhana ini, Anda pun akan merasa terbebas dari tekanan dan beban dengan cepat.

“Sakit kepala, sakit punggung, insomnia bukan dikarenakan stres, tapi bagaimana Anda mengatasi stres tersebut, “ujar Menurut Pamela M. Peeke, MD, MPH, seperti yang dikutip dari Healthy Woman.

Menurut Pamela, daripada mengonsumsi obat tidur yang memiliki dampak kurang baik, ia pun menawarkan metode alternatif yang lebih aman. Berikut enam cara mengurangi stres yang aman dan cepat.

1. Minum teh herbal
Penggunaan teh herbal untuk kesehatan tubuh sudah dilakukan sejah ribuan tahun lalu. Cobalah untuk meminum teh chamomile dan valerian lalu duduk di tempat yang nyaman serta tenang.

2. Latihan pernafasan

Nafas berat dengan diafragma dapat diperlukan untuk memberikan respon relaksasi. Jadi, jika merasa kepala Anda sakit dan terdapat beban berat pada leher serta pundak, sebaiknya hentikan pekerjaan Anda saat itu juga dan ambil nafas dalam-dalam.

3. Pelihara bintang

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa bermain, memeluk dan membelai binatang peliharaan dapat mengurangi tingkat kecemasan. Tidak ada salahnya jika Anda memlihara binatang di rumah sebagai terapi stres.

4. Mendengarkan musik

Mendengarkan petikan gitar atau suara air jatuh dapat mengoptimalkan relaksasi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terapi musik dapat mengurangi kecemasan dan membuat tidur lebih berkualitas.

5. Istirahatkan otot

Mengistirahatkan otot satu persatu disebut dengan relaksasi otot progresif. Metode relaksasi jenis ini menjelaskan bagaimana cara menegangkan sekelompok otot tertentu kemudian melepaskan ketegangan itu. Bila sudah dapat merasakan keduanya, Anda mulai membedakan sensasi pada saat otot dalam keadaan tegang dan rileks.

6. Meditasi
Meditasi bukan hanya berdiam diri dan merenung saja. Ikutilah kelas meditasi dan berlatihlah setiap saat. Saat stres melanda, Anda pun bisa mengatasinya dengan bermeditasi.

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*