RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » 4 Kebiasaan Makan yang Perlu Dihindari

4 Kebiasaan Makan yang Perlu Dihindari

Bukan hanya jumlah kalori dan lemak berlebih dalam makanan yang menyebabkan sering gagalnya diet. Tapi juga kebiasaan makan yang buruk. Kenali beberapa kebiasaan buruk saat makan, seperti yang dilansir Womens Health.

Jika Anda memiliki salah satunya, segera ubah kebiasaan itu dan mulailah makan dengan benar agar membantu Anda mencapai berat badan ideal.

1. Makan dengan Cepat
Sebuah studi mengungkapkan, wanita yang diminta makan cepat lebih banyak mengonsumsi makanan (dalam waktu sebentar) dibandingkan wanita yang memakan makanan dengan pelan. Kenapa? Saat makan perlahan, otak punya waktu lebih banyak untuk menghantarkan rasa kenyang dan menyuruh Anda berhenti makan.

Mungkin cara ini kurang populer dilakukan dan Anda akan merasa banyak membuang waktu. Tapi jika ingin mengontrol asupan makanan yang masuk, cobalah menghitung kunyahan makanan Anda. Kunyahlah makanan sebanyak 15 sampai 20 kali, dan berhenti sebentar sebelum menyuap makanan lagi.

2. Makan Sambil Melakukan Aktivitas Lain

Saat makan, fokuskan hanya pada makanan yang tersaji di depan Anda. Para peneliti dari Food and Brand Lab di Cornell University mempelajari perilaku orang yang makan sambil mengerjakan kegiatan lain dan hasilnya, mereka tidak menyadari berapa banyak makanan yang mereka konsumsi hingga 30 persen jika perhatian mereka teralihkan.

Usahakan jangan makan sambil menonton TV, kerja di depan komputer atau membaca buku. Biasanya, orang akan lebih memerhatikan berapa banyak yang telah mereka makan saat hanya fokus pada makanannya sendiri. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari makan berlebihan.

3. Makan Saat Stres atau Bosan

Makanlah hanya saat Anda lapar. Memakan snack, terutama yang berkarbohidrat tinggi saat gelisah memang akan meningkatkan produksi serotonin yang membuat mood lebih baik dan terkendali. Tapi masalahnya, hal itu juga dibarengi dengan terganggunya kadar gula dalam darah yang semakin menambah hasrat untuk makan.

Cobalah untuk tidak menimbun camilan dalam lemari Anda, khususnya keripik kentang atau penganan lain yang mengandung karbohidrat tinggi. Saat sedang stres atau bosan, alihkan perhatian dengan membaca buku atau menonton TV, tapi ingat, tanpa makanan kecil. Jika tak juga bisa menahan hasrat ingin mengunyah, lebih baik konsumsi buah-buahan.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Protein Hewani

Kurangi konsumsi daging merah, ikan atau ayam sebagai lauk. Perbanyak sayur daripada lauk saat makan. Misalnya saja, cukup tambahkan sedikit potongan ayam ke dalam tumis buncis atau taburkan beberapa cacahan daging di atas salad segar. Anda juga bisa mengganti lauk dengan tahu, tempe atau jamur.

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*