RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Teknologi Bisa Merusak Hubungan Keluarga

Teknologi Bisa Merusak Hubungan Keluarga

Berbagai gadget dan alat elektronik boleh jadi memudahkan pekerjaan dan menunjang karier Anda. Namun, hati-hati jika alat elektronik ini sudah mulai memengaruhi kedekatan hubungan keluarga, baik dengan anak maupun pasangan. Singkirkan ponsel, laptop, smartphone, atau apapun gadget lain yang membuat Anda tak terhubung langsung dengan pasangan dan anggota keluarga.

Teknologi bisa menjadi ancaman bagi hubungan jika tak digunakan dengan bijak. Inilah yang terjadi pada pasangan Rhonda dan Steve, bersama kedua anak laki-lakinya di Amerika. Oprah Winfrey Show mengangkat masalah hubungan pasangan dan keluarga ini dengan menghadirkan Peter Walsh, pakar pengorganisasian, edukator, dan motivator, untuk mengembalikan hubungan sehat dalam keluarga.

Steve dan Rhonda sibuk dengan aktivitas rutin masing-masing, sejak pagi hingga malam. Rhonda bangun subuh untuk pergi ke gym, sementara Steve masih tidur, begitupun kedua anaknya. Tak lama, Steve bangun dan langsung menuju komputer untuk mengecek e-mail. Blake, putra remaja Rhonda dari pernikahan sebelumnya, begitu bangun tidur juga langsung mengecek ponsel, menerima dan mengirim SMS dengan teman-temannya. Sementara Drake, bocah lima tahun hasil pernikahan Rhonda dan Steve, bergerak pasif di depan televisi atau perangkat games miliknya.

Rutinitas ini boleh jadi serupa yang Anda alami di rumah. Suami-istri sibuk dengan alat komunikasi masing-masing, dan anak-anak terabaikan dengan kesibukan masing-masing. Akhirnya, orangtua tak terhubung dengan anak, begitupun pasangan suami-istri. Mereka menyimpan masalah yang tak dibicarakan karena tak terbiasa berkomunikasi dalam arti sebenarnya.

“Dapur itu merawat keluarga. Berbagai aktivitas bisa dilakukan bersama seluruh anggota keluarga di dapur dengan memasak atau menyiapkan makan bersama. Pada saat itu seluruh anggota keluarga perlu menjauhkan diri dari televisi atau alat elektronik lain supaya nyambung,” kata Walsh dalam tayangan Oprah Winfrey Show di MetroTV, Sabtu (12/3/2011).

Banyak hal yang bisa dilakukan bersama oleh keluarga untuk merawat hubungan dan keterikatan anggota keluarga. Seperti menyiapkan sarapan bersama, membersihkan rumah, mencuci baju, makan malam, atau menciptakan kegiatan mingguan untuk meluangkan waktu bersama seluruh anggota keluarga. Kegiatan inilah yang mulai diabaikan dan dilupakan lantaran masing-masing anggota keluarga sibuk dengan gadget-nya.

“Bagaimanapun anak membutuhkan orangtua untuk mengendalikan mereka. Jadi jangan biarkan mereka mengontrol dirinya sendiri dengan berbagai perangkat elektronik. Si kecil dengan remote televisi yang membuatnya bisa melakukan apa saja sesuka hati. Bahkan pasangan pun butuh berkomunikasi. Awali hal ini dengan memulai pembicaraan berdua,” jelas Walsh.

Walsh mengambil alih keluarga ini dengan menyita seluruh alat elektronik, bahkan oven sekalipun. Karena nyatanya, ketergantungan dengan alat elektronik ini merenggangkan hubungan Steve dan istrinya. Steve bahkan mengaku kepada Walsh bahwa ia merasa kurang mendapat perhatian dan cinta. Begitupun dengan Rhonda yang merasa bersalah dan khawatir hubungannya akan berakhir pada perceraian.

“Ini soal komunikasi dalam hubungan. Jika sudah seperti ini pasangan harus saling berbicara mengenai fondasi dasar hubungan. Mulailah dengan mengatakan ‘I love you‘, lalu bicarakan apa yang dikhawatirkan atau berbagai hal yang ingin dibicarakan,” saran Walsh.

Pasangan juga harus menanggalkan semua alat elektronik dan lebih sering merancang waktu bersama. Lakukan kencan berdua seminggu sekali, atau ciptakan kebersamaan sebulan sekali bersama seluruh anggota keluarga.

“Meluangkan waktu bersama sebulan sekali lebih berarti daripada liburan keluarga dua minggu setahun sekali,” lanjutnya. Kuncinya, Anda perlu merancang kegiatan yang menyatukan keluarga secara utuh, tanpa gadget atau alat elektronik berteknologi canggih, karena terbukti komunikasi langsung menyehatkan kehidupan keluarga.

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*