RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Menjadi Orangtua Memperbaiki Sikap Seseorang

Menjadi Orangtua Memperbaiki Sikap Seseorang

2 dari 3 orang merasa menjadi orangtua memperbaiki sikap dan sifat seseorang, setidaknya dalam urusan keuangan dan kesopanan. Hal ini didapat dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga bernama Opinium Research ini terhadap sekitar 2 ribu penduduk Inggris berusia 18 tahun ke atas di awal tahun 2011 ini.

Nyaris setengah dari responden yang terlibat dalam penelitian ini mengatakan, memiliki anak membuat mereka menjadi pribadi yang lebih baik, terutama dalam hal keuangan, dan sekitar 29 persen responden mengatakan mereka merasa lebih menjaga kesopanan setelah menjadi orangtua.

Menjadi orangtua juga mendorong lebih dari seperempat ibu dan ayah baru untuk menjaga lingkungan, seperti dengan menggunakan barang-barang semaksimal mungkin, juga tidak membuang makanan. Para orangtua punya keinginan untuk memberikan kebiasaan-kebiasaan baik yang umumnya juga baru mereka lakukan ini kepada anak-anaknya.

Memperbaiki sikap dan penanganan keuangan ada pada daftar teratas perubahan sikap yang dialami para orangtua, sekitar 3 dari 4 responden merasakan hal ini. Para responden yang berkeinginan anaknya memiliki kebiasaan penanganan keuangan yang lebih baik mengajarkan anak untuk menabung dan berdonasi (zakat atau persembahan).

Huw Davies, juru bicara Triodos Bank, yang membiayai penelitian ini mengatakan, memiliki anak adalah hal yang mendorong banyak orang untuk melaksanakan prinsip yang mereka rasa penting menjadi kenyataan. Karena para orangtua tahu, anak-anak mencontoh mereka, anak-anak banyak bertanya dan meminta jawaban serta alasan mengapa kita melakukan segala hal yang kita lakukan. Secara alamiah, orangtua akan merasa harus memberikan nilai-nilai yang mereka percayai kepada anak-anaknya, mengkombinasikan prioritas modern, seperti mendaur ulang, menjaga lingkungan, dengan prinsip-prinsip penting dalam hidup, seperti cara mengatur uang dan cara bersikap.

10 prinsip tertinggi yang diajarkan orangtua di Inggris kepada anak-anaknya;
1. Mengatur keuangan.
2. Selalu sopan dan menjaga sikap.
3. Menggunakan barang-barang secukupnya.
4. Menghindari makanan terbuang percuma.
5. Meminimalisir penggunaan engeri.
6. Menggunakan uang tabungan atau investasi pada hal yang berguna.
7. Meluangkan waktu untuk melakukan tindakan baik.
8. Berdonasi (zakat atau persembahan).
9. Melakukan perubahan positif untuk masyarakat lewat pekerjaan atau karier.
10. Memilih bentuk transportasi yang lebih aman untuk lingkungan.

Dari studi tersebut, sekitar 68 persen ayah mengakui telah mengubah satu perubahan positif terhadap sikapnya sejak menjadi ayah. Sementara para ibu, sebanyak 74 persen bertekad untuk mengajarkan hal-hal baik pada anaknya. Sekitar 28 persen ibu menginginkan anaknya untuk menyisihkan waktu melakukan bakti sosial. Para ibu juga ingin anaknya lebih bisa mengatur uang dan tumbuh sebagai pribadi yang sopan serta bertingkah baik.

Bagaimana dengan Anda? Apa perubahan dalam diri yang Anda rasakan sejak kehadiran si kecil dalam hidup Anda?

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*