RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » Kebiasaan Berkebun Buat Orang Lebih Optimis

Kebiasaan Berkebun Buat Orang Lebih Optimis

Tahukah Anda bahwa kebiasaan berkebun memberikan kontribusi terhadap kualitas hidup? Orang yang gemar berkebun ternyata memiliki sifat optimis yang lebih besar ketimbang mereka yang tidak gemar berkebun.

Sebuah penelitian dari Texas A&M dan Texas State Universities menanyakan beberapa pertanyaan dalam surveinya kepada responden yang berusia 50 dan lebih tua. Hasilnya, survei mengungkap bahwa ada beberapa alasan kuat yang membuat orang berusia lanjut memiliki kualitas hidup yang lebih baik saat berkebun.

“Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah berkebun memiliki dampak positif pada presepsi kualitas hidup dan tingkat fisik orang bila dibandingkan dengan mereka yang tidak suka berkebun,” ujar Aime Sommerfeld, salah satu peneliti.

Sebuah laporan penelitian yang berjudul ‘A Profile of Older Americans’, menuliskan bahwa orang yang berusia di atas 50 tahun memiliki risiko terkena penyakit lebih besar akibat menurunnya frekuensi berolahraga dan gaya hidup yang buruk. Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa kombinasi aktivitas fisik dan peningkatan konsumsi buah atau sayur dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis secara drastis.

“Berkebun adalah salah satu kegiatan rumahan di saat luang yang paling populer dan dilaporkan sebagai kegiatan penghilang stres yang paling umum setelah berjalan bagi orang yang berusia diatas 50 tahun,” ungkap para peneliti, seperti yang dikutip dari Health24.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai korelasi kesehatan dan sikap seseorang dengan kebiasaan berkebun, Sommerfeld membuat survei berdasarkan Life Satisfaction Inventory A (LSIA), sebuah alat yang mengukur lima komponen kualitas hidup (‘semangat hidup’, ‘resolusi dan ketabahan’, ‘kesesuaian dan tujuan yang diinginkan tercapai’, ‘fisik, psikologis, dan sosial konsep diri’, serta ‘optimisme’).

Hasilnya, ada perbedaan signifikan dalam kepuasan hidup secara keseluruhan dan orang yang gemar berkebun memiliki nilai rata-rata yang tinggi. Lebih dari 84 persen setuju dengan pernyataan “saya telah membuat beberapa rencana untuk apa yang akan saya pada bulan depan dan tahun depan dari sekarang”, sedangkan yang tidak berkebun hanya 68 persen saja.

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*