RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » Kegiatan Seru Bersama Anak Saat Listrik Padam

Kegiatan Seru Bersama Anak Saat Listrik Padam

Program penghematan energi ‘Earth Hour’ yang diprakarsai World Wildlife Fund (WWF) kembali diadakan. Mulai malam nanti (26/03/2011), pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat, rumah-rumah dan perkantoran dihimbau untuk serentak memadamkan listrik selama 60 menit.

Program yang diharapkan akan dilakukan secara serentak di 128 Negara ini, merupakan upaya untuk memunculkan kesadaran terhadap masalah perubahan iklim. Selain itu juga sebagai bentuk ekspresi bahwa aksi setiap orang dalam skala besar dapat membantu mengubah planet kita menjadi lebih baik. Tindakan ini tidak hanya memadamkan lampu, tapi juga mencabut saklar listrik dari komputer, televisi, radio, atau perangkat elektronik lainnya.

‘Earth Hour’ juga bisa Anda jadikan sebagai sarana edukasi pada anak, untuk mengajarkan betapa pentingnya menghemat energi untuk kelangsungan bumi dan makhluk hidup di masa mendatang. Karena itu, Anda pun sebaiknya ikut berpartisipasi dalam gerakan pemadaman listrik nanti malam.

Tidak ada cahaya lampu atau acara televisi mungkin akan membuat sang anak bosan. Menjelaskan secara panjang lebar tentang manfaat program ini tentunya akan membuat anak Anda semakin bosan. Kenapa tidak melakukan hal-hal menyenangkan selama listrik padam?

Dikutip dari Helium, berikut ini 5 hal menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak saat listrik padam.

1. Main ‘Tebak Benda’
Ajak anak Anda menebak benda-benda yang akan Anda tunjuk dengan senter. Misalnya, tanyakan benda apa yang ada di atas rak buku? Setelah anak menyebut jawabannya, arahkan senter ke benda tersebut untuk mengetahui apakah jawaban si kecil benar atau tidak. Beri nilai atau tepukan tangan jika jawaban anak Anda benar. Kegiatan ini juga sekaligus melatih daya ingat dan kepekaan anak terhadap benda.

2. Bacakan Cerita
Setiap anak kecil suka dibacakan cerita dongeng. Ambillah buku cerita, lalu bacakan menggunakan senter sebagai alat penerangan. Bacakan cerita dengan antusias agar anak pun semangat mendengarkannya. Simak tips membacakan buku cerita di sini.

3. Bernyanyi
Anak kecil biasanya menyukai aktivitas ini. Ajak si anak menyanyikan lagu-lagu ceria sambil bertepuk tangan. Cara ini akan mengalihkan mereka dari kebosanan dan rasa takut karena suasana yang gelap.

4. Main Puzzle
Bermain puzzle bisa mengasah otak anak untuk berpikir dengan cara menyenangkan. Kegiatan ini akan bertambah seru karena saat lampu padam, jadi lebih sulit mencari potongan-potongan gambar.

5. Bermain di Luar
Ajak si kecil keluar rumah untuk sekedar menikmati udara segar, atau memandangi benda-benda langit yang berterbaran indah di langit. Anda juga bisa membuatkan tenda sederhana. Pindahkan meja ke halaman rumah dan taruh selimut di atasnya hingga membentuk seperti tenda. Duduklah bersama si kecil di kolong meja, nyalakan senter dan anggap saja seperti sedang berkemah. Jangan lupa pakaikan si kecil selimut atau jaket, serta lotion anti nyamuk. Selama 60 menit, Anda bisa bermain ala suku Indian atau membacakan cerita.

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*