RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » Tips Agar Si Kecil Tidak Takut Gelap

Tips Agar Si Kecil Tidak Takut Gelap

Tidur dengan lampu dimatikan jadi hal paling menakutkan untuk beberapa anak. Apakah itu termasuk anak Anda? Jika iya, berikut ini tipsnya agar si kecil tidak takut gelap, seperti dilansir eHow:

1. Pastikan pada anak kalau ketakutan yang dirasakannya adalah hal normal. Dengan mengatakan hal itu, anak bisa mulai mengatasi ketakutannya karena sudah berbagi perasaannya.

2. Coba mengobrol dengan anak soal hal apa dari kegelapan yang membuatnya takut. Dengan mengetahui lebih spesifik, Anda bisa lebih mudah membantu anak mengatasi ketakutannya itu. Misalnya saja jika anak takut gelap karena akan didatangi hantu.

Menurut Muhammad Rizal, Psi dari Lembaga Terapan Psikologi UI, seperti dilansir detikHealth, anak kecil sebenarnya tidak mengenal konsep bahwa hantu itu menakutkan, tapi lingkunganlah yang menciptakan konsep tersebut.

Biasanya anak kecil akan takut hantu bila melihat orangtua atau orang-orang di sekitarnya ketakutan dan teriak-teriak saat menonton film atau iklan yang menunjukkan sosok hantu. Oleh karena itu, sebaiknya orangtua memberi contoh perilaku yang benar dengan tidak menanamkan penilaian bahwa hantu itu menakutkan, karena pada dasarnya anak tidak takut dengan hantu.

3. Buat anak merasa aman dan nyaman dengan cara meyakinkannya. Katakan padanya dia aman karena Anda sebenarnya tidur tidak jauh darinya. Jika anak takut monster, yakinkan padanya kalau monster itu tidak ada dan tak akan menyakitinya. Meski awalnya anak belum yakin benar, perkataan Anda itu setidaknya membuatnya sedikit tenang.

4. Tawarkan pada si kecil hal-hal yang bisa membuatnya merasa aman, selain menyalakan lampu tentunya. Misalnya saja dengan menaruh mainan favoritnya. Anda bisa juga menawarkan untuk menemaninya selema beberapa menit, sementara dia mulai tertidur.

5. Jika anak masih tetap takut, Anda bisa menaruh lampu tambahan. Lampu tambahan ini tentunya sinarnya lebih redup ketimbang lampu utama yang Anda matikan saat si kecil tidur. Pastikan tingkat keterangan lampu tersebut aman, sehingga anak tidak membuat anak terbangun. Dengan adanya lampu tambahan ini, rasa takut anak bisa sedikit berkurang.

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

One comment

  1. tamparan buat para orang tua nih, gmn caranya orang tua bisa merubah diri untuk bisa memberi gambaran yang benar tentang hantu…tips no 5 bisa jadi solusi…Thx…^__^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*