RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Makan 3 Buah Pisang Sehari Turunkan Risiko Stroke

Makan 3 Buah Pisang Sehari Turunkan Risiko Stroke

STROKE merupakan penyakit nomor tiga yang mematikan setelah jantung dan kanker. Karena itu, menjalani hidup sehat merupakan solusi jitu untuk mencegah penyakit berbahaya ini. Salah satu cara yang dapat ditempuh ialah makan tiga buah pisang untuk menurunkan risiko terkena stroke.

Sebuah pisang untuk sarapan, satu untuk makan siang, dan satu di malam hari akan memberikan cukup kalium untuk mengurangi kemungkinan darah beku di otak sekitar 21 persen.

Pasalnya, pisang adalah buah yang banyak mengandung potasium, yaitu mineral yang berfungsi menstabilkan detak jantung, otak, dan proses fisiologi penting lainnya.

Penemuan yang dilakukan oleh para peneliti Inggris dan Italia itu menyarankan, stroke dapat dicegah dengan konsumsi makanan kaya kalium lain seperti bayam, kacang-kacangan, ikan bandeng, dan kacang-kacangan.

Meskipun beberapa studi sebelumnya telah menyarankan pisang sebagai buah pencegah stroke, namun hal penting lainnya ialah mengendalikan tekanan darah, sebab hasilnya tidak selalu konsisten.

Dalam penelitian terbaru, yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology, para ilmuwan menganalisis data dari studi yang berbeda, kembali ke pertengahan tahun 1960-an, dan digabungkan hasilnya untuk mendapatkan hasil keseluruhan.

Mereka menemukan orang hanya mengonsumsi kurang lebih 1.600 mg potasium per hari, kurang dari separuh jumlah kalium harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa yaitu 3.500 mg. Jika seseorang sudah cukup mengonsumsi kalium dengan jumlah tersebut, dijamin akan mendapat risiko stroke yang lebih rendah.

Pisang rata-rata mengandung kalium sekira 500 mg, yang membantu untuk menurunkan tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Terlalu sedikit kalium dapat mengakibatkan cepat marah, mual, denyut jantung tidak teratur, dan diare.

Peneliti dari Universitas Warwick dan Universitas Naples mengatakan, asupan kalium di kebanyakan negara jauh di bawah jumlah harian yang disarankan.

Tetapi jika konsumen mengudap makanan kaya kalium yang lebih banyak, dan mengurangi konsumsi garam, maka angka kematian pengidap stroke secara global per tahunnya bisa dikurangi lebih dari 1 juta tahun.

Para peneliti mengatakan dalam laporannya, “Ini akan menerjemahkan ke dalam pengurangan sebanyak 1,15 juta kematian akibat stroke per tahunnya pada skala dunia.”

Stroke, suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu,  membunuh sekira 200 orang setiap hari di Inggris.

Mengobati dan merawat 100 ribu orang yang terkena stroke setiap tahun di Inggris membutuhkan biaya 2,3 miliar poundsteling.

Seorang juru bicara untuk Asosiasi Stroke mengatakan, “Penelitian ini menunjukkan makan banyak makanan kaya kalium, seperti pisang, tanggal dan bayam, dapat mengurangi risiko Anda mengalami stroke. Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko terbesar untuk penelitian stroke dan terakhir telah menunjukkan bahwa kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini bisa menjelaskan efek positif dari kalium ditunjukkan dalam penelitian ini. ( Mitra FM/oke )

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*