RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » Trik Agar Gaji Tidak Cepat Habis

Trik Agar Gaji Tidak Cepat Habis

Masalah yang kerap dialami pekerja adalah uang mereka telah habis dipertengahan bulan. Padahal kebutuhan pokok masih panjang. Menyisihkan uang juga sangat penting, untuk berjaga-jaga jika Anda sakit atau ada kebutuhan yang tidak terduga.

Coba tanyakan pada diri Anda, mengapa Anda tidak bisa mengelola uang gaji dengan bijaksana? Mungkin, mayoritas dari kita pasti lebih mengutamakan berbelanja berdasarkan keinginan bukan kebutuhan.

Jika Anda semakin kesulitan mengelola uang, maka mulailah cermat dalam menggunakan gaji Anda. Berikut beberapa solusi agar Anda bisa menyimpan uang gaji.

Menabung di celengan
Mungkin kedengarannya kuno, tapi ini bisa sangat efektif. Seperti dikutip Squidoo, mengumpulkan uang kecil di celengan setiap harinya sangat bermanfaat untuk Anda. Dua ribu atau lima ribu dapat sangat berharga jika Anda mengumpulkannya setiap hari. Bukalah celengan Anda di akhir bulan, Anda akan terkejut dengan jumlah uang yang dimiliki.

Tabungan investasi
Bukan hanya menabung dalam celengan, tapi sebaiknya Anda juga mengikuti tabungan investasi. Seperti dikutip Free Money Finance, minimal Anda harus menabung 10 persen dari gaji setiap bulannya. Tabungan investasi, baru bisa diambil sesuai batasnya. Biasanya dalam jangka waktu minimal satu tahun.

Merencanakan pengeluaran bulanan
Sisihkan uang untuk membayarkan pengeluaran wajib di awal bulan. Transport, makan, bayar kost dan bayar kartu kredit harus sudah Anda sisihkan. Dengan begitu akan memudahkan Anda untuk mengetahui pengeluaran wajib yang harus Anda bayarkan.

Tidak menggunakan kartu kredit
Di bulan selanjutnya, usahakan tidak menggunakan lagi kartu kredit. Kartu kredit akan memanjakan Anda. Gunakanlah uang cash saat berbelanja, sehingga Anda mampu mengontrol pengeluaran.

Membawa makanan
Membawa makan dari rumah, tidak hanya membuat Anda lebih sehat karena dapat mengontrol menu, tapi juga membuat Anda lebih irit. Sehingga gaji Anda dapat tersisa lebih.

Naik Kendaraan umum
Tentunya naik kendaraan umum lebih murah dibanding Anda harus naik mobil atau taksi.  Keuntungan lainnya, Anda bisa sekalian berolahraga. Coba hitung berapa banyak kalori yang Anda keluarkan untuk naik-turun bus atau berjalan menuju halte. Selain hemat, tubuh pun terjaga kebugarannya. (Mitra FM/wlp)

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh: Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*