RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Bayi-bayi yang Susah Menyusu

Bayi-bayi yang Susah Menyusu

Meskipun proses yang alami tapi terkadang menyusui menjadi lebih sulit daripada yang dibayangkan. Kenapa menyusui menjadi proses yang sulit bagi beberapa bayi?

Menyusui bisa jadi merupakan suatu tantangan pada hari-hari awal persalinan, tak jarang ada ibu yang menyerah sehingga memberikan susu formula pada bayinya. Hal ini karena dibutuhkan kesabaran dan juga ketekunan dalam menyusui.

Beberapa hal diketahui menjadi penyebab sulitnya bagi bayi untuk menyusu pada ibunya, seperti dikutip dari Livestrong, Rabu (4/5/2011) yaitu:

Kurangnya latihan
Bayi yang sehat sekalipun bisa mengalami kesulitan saat menyusu, karena ia butuh posisi mulut tertentu agar bisa tepat masuk ke payudara dan mendapatkan ASI. Meskipun ada masalah pada bentuk puting susu atau kondisi fisik bayi, menyusu tetap bisa dilakukan asal dilatih secara teratur dan sabar. Karena proses ini memerlukan latihan agar bayi bisa mendapatkan ASI.

Pasokan susu yang berlebih
Sebagian besar perempuan memiliki pasokan susu yang cukup untuk bayinya, tapi bagi yang memiliki pasokan susu berlebih bisa menjadi tantangan bagi bayi saat menyusu. Pasokan yang berlebih bisa membuat bayi tersedak dan muntah yang membuatnya jadi tidak mau menyusu lagi. Cobalah untuk memompa susu sebelum menyusui agar sedikit mengosongkan payudara sehingga memudahkan bayi mengisap.

Masalah fisik
Beberapa bayi ada yang terlahir dengan masalah fisik seperti bibir sumbing, atau ada gangguan di langit-langit mulut yang membuatnya lebih sulit menyusu karena mulutnya tidak pas menempel di sekitar puting susu.

Umumnya bayi tidak mengembangkan refleks mengisap-menelan-bernapas (yang sangat penting untuk menyusui) sampai mencapai usia kehamilan 32 minggu, karenanya bayi prematur sering mengalami kesulitan menyusu dan mengisap.

Bingung puting
Terlalu sering memberikan susu lewat botol bisa menyebabkan bayi mengalami bingung puting dan membuatnya enggan untuk menyusu ASI lagi, karena menyusu ASI melibatkan koordinasi otot yang lebih banyak dibanding susu botol.

Seorang bayi yang secara teratur diberikan susu botol akan lupa bagaimana caranya menggunakan koordinasi otot tersebut, sehingga gerakannya lebih lemah, gagal mengisap dan tidak mendapatkan ASI yang cukup. Kondisi ini akan membuatnya jadi frustasi dan rewel. Karena itu hindari penggunaan botol meskipun yang diberikan adalah ASI perah, lebih baik berikan melalui gelas atau sendok.

Untuk mencegah hal tersebut, pastikan bayi mengisap seluruh puting dan aerola ke dalam mulutnya. Jika perlu sesuaikan posisi ibu dengan kepala bayi, karena posisi menyusui yang tidak tepat akan menghambat suplai susu dan mungkin terasa sakit.

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*