RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » Trik Agar Tak Boros karena Pengaruh Sahabat

Trik Agar Tak Boros karena Pengaruh Sahabat

Terkadang di saat Anda sedang pergi belanja bersama sahabat, nafsu belanja Anda jadi meningkat. Menurut sebuah penilitian yang dilakukan oleh Professor Nicholas Christakis dari Universitas Harvard, sahabatlah yang seringkali mempengaruhi aktivitas Anda setiap harinya.

Jika kita bersahabat dengan orang yang senang berbelanja maka otomatis kitapun akan melakukan hal yang sama. Andapun tidak peduli apakah barang tersebut dibutuhkkan atau tidak, apakah harganya terlalu mahal atau tidak.

Bagaimanakah cara mengatasi masalah di atas? Karena jika kita mengikuti pola hidup yang seperti itu terus menerus, tentu tidak akan bisa menabung. Berikut ini tips agar Anda tidak boros hanya karena pengaruh teman atau keluarga, seperti dikutip dari Red Book:

1. Menghabiskan waktu bersama di rumah

Jika Anda khawatir makan malam atau perayaan ulang tahun dengan sahabat akan menguras banyak uang mengapa Anda tidak mencoba merayakan ulang tahun atau membuat acara makan malam dengan cara yang berbeda.

Misalnya dengan mengundang mereka ke rumah dan cukup sediakkan camilan yang sederhana seperti cookies, biskuit atau teh. Anda juga bisa membuat sebuah pesta sederhana seperti pesta piyama, dilengkapi dengan nonton film bersama dan camilan popcorn. Hal tersebut selain membuat Anda lebih berhemat tetapi dapat membuat sebuah perayaan ulang tahun yang lebih berkesan.

2. Menetapkan aturan keuangan kepada keluarga

Jangan selalu katakan ‘ya’ kepada anak-anak Anda. Anda juga perlu untuk mengatakan ‘tidak’ kepada mereka walaupun nantinya anak-anak Anda akan berkata bahwa setiap teman memiliki barang tersebut.

Cobalah untuk memberikan pengertian kepada mereka bahwa setiap orang nasibnya berbeda-beda. Tidak semua hal Anda mampu mendapatkannya dan beritahu kelak mereka akan merasakan hal yang sama di saat dewasa nanti.

3. Cari sahabat yang bisa mengingatkan Anda

Carilah sahabat yang pintar menabung dan bisa membantu Anda mengingatkan dalam masalah keuangan. Misalnya di saat Anda sedang berbelanja, si sahabat ini bisa mengingatkan bahwa tidak semua barang yang Anda ambil diperlukkan. Sahabat seperti ini dapat membantu Anda untuk lebih berhemat dan menabung.

4. Fokus terhadap masa depan

Jangan hanya mengingat hari ini saja, cobalah untuk lebih berpikir ke depan. Mulailah menabung dari sekarang untuk masa depan Anda agar di kemudian hari Anda tidak perlu lagi khawatir dengan masalah keuangan karena Anda sudah mempunyai tabungan. Daripada Anda menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting lebih baik Anda memberikan sumbangan kepada orang yang lebih membutuhkannya.

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*