RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Headline » Sunat, Percepat Pertumbuhan Anak

Sunat, Percepat Pertumbuhan Anak

SAAT pertumbuhan tubuh anak berusia 12 tahun lebih kecil dan kurang tinggi dari teman-temannya, tentu terbesit dalam pikiran Moms, “Apakah harus disunat dulu, baru pertumbuhanya lebih cepat?”

Mengenai hal itu, Dr Catur S. Sutisna, Sp.B.,Sp.BA dari RSPAD Gatot Subroto memberikan penjelasannya.

Anggapan kalau anak setelah disunat kemudian badannya akan tumbuh menjadi cepat besar adalah tidak benar. Itu hanya mitos! Perkembangan dan pertumbuhan seorang anak tidak berhubungan langsung dengan sunat.

Faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan adalah hormon pertumbuhan, gizi, dan keturunan. Hanya faktor kebetulan saja kalau misalnya anak disunat pada umur 12 tahun lalu dia menjadi cepat besar, karena memang bertepatan dengan masa pertumbuhan.

Jadi bukan semata-mata karena sunat. Kalau ingin tubuh anak cepat tinggi perhatikan gizi yang diasup anak, keturunan, olahraga, dan anak jangan dibebani membawa barang – barang berat misalnya kebiasaan membawa tas di punggung, karena dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang punggung.

Yang harus diperhatikan orangtua jika ingin menyunat anak yang sudah duduk di bangku sekolah dasar adalah persiapkan mental anak.

Manfaat Sunat

Sebenarnya, sunat dapat dilakukan mulai usia bayi baru lahir sampai kapanpun. Bagi laki-laki muslim memang diwajibkan sunat. Namun, kaum adam non muslim pun juga merasa perlu melakukan sunat karena alasan kebersihan dan kesehatan, seperti:

1. Dapat mencegah timbulnya kanker penis. Pada orang yang tidak disunat, smegma (kotoran) yang keluar dari pangkal kepala penis akan tertimbun di bawah preputium. Jika ada kotoran pada kulit kepala penis dikhawatirkan mengakibatkan iritasi kronik sehingga perilaku sel di sekitarnya akan berubah menjadi ganas (karsinogenik) yang pada akhirnya memicu timbulnya kanker penis.
2. Kebersihan terjamin. Jika lubang penis tidak tertutup kulit (preputium), dan di antara preputium dan gland penis (kepala penis) tidak ada kotoran, buang air kecil menjadi lancar sehingga dapat menghindari infeksi saluran kemih.
3. Sunat juga dapat mencegah penularan penyakit HIV, sifilis, atau pun penyakit kelamin lainnya.

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

One comment

  1. assalamualaikum . wah thanks pak. saya baru tahu kalo sunat memang gak ada hubungannya ama pertumbuhan, karena selama ini saya menganggap sunat berkaitan erat dengan pertumbuhan si anak. aqiqah surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*