RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Cara Mengatur Waktu Bagi Ibu Bekerja

Cara Mengatur Waktu Bagi Ibu Bekerja

Zaman sekarang bukan hal aneh lagi jika wanita menjalani dua peran sekaligus, menjadi ibu dan bekerja di kantor. Menjalani dua peran tersebut, terkadang membuat dilema para ibu. Mereka kerap kesulitan membagi waktu untuk anak, keluarga dan pekerjaan.

Sebuah studi di Inggris bahkan mengungkapkan, ibu bekerja ternyata hanya bisa menghabiskan waktu 1 jam 21 menit atau 81 menit untuk mengurus anak dan keluarga. Melihat hasil penelitian tersebut, psikolog anak dan keluarga Dr Sandra Wheatley mengungkapkan pendapatnya, “Menurutku tugas menjadi orangtua bukan hanya pada angka (berapa banyak waktu yang dihabiskan). Paling penting justru anak bisa mendapatkan kesempatan untuk bersenang-senang dengan orangtua mereka.”

“Jika seorang ibu bekerja pulang ke rumah dan menghabiskan waktu 45 menit untuk bermain sebelum makan malam dan tidur, itu sudah cukup,” ujarnya. “Yang paling penting waktu mereka dihabiskan untuk aktivitas bersama anak,” tambahnya.

Waktu yang singkat tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik jika Anda memiliki sedikit perencanaan. Bagaimana caranya? Seperti dikutip CareerAdvice.Monster ini beberapa tips yang bermanfaat bagi Anda yang bekerja.

Memikirkan Menu Makanan dari Malam sebelumnya
Tentunya Anda ingin anak tetap sehat dengan menjaga makanan yang dikonsumsi. Agar si kecil mendapatkan menu sehat dan kebersihan makanan tetap terjaga, memasak sendiri adalah cara yang paling tepat. Untuk mempersingkat waktu ketika masak, tentukan menu yang akan dimasak dari malam sebelumnya dan pastikan Anda telah memiliki bahan-bahannya.

Ajarkan Si Kecil untuk Mandiri
Ini tergantung dari umur si kecil, jika dia telah menginjak umur 6 atau 7 tahun, Anda bisa mengajarkannya untuk mandi dan memakai baju sendiri. Sehingga Anda tidak terlalu banyak mengurus keperluannya untuk berangkat sekolah. Anda tinggal menyiapkan bekalnya. Begitu pun untuk urasan makan, sejak balita ajarkan si kecil untuk bisa makan sendiri.

Makan Malam Bersama
Usahakan makan malam bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga. Buatlah makanan sekali banyak. Misalnya saja Anda membuat sayur cap cay, jangan hanya membuatnya untuk satu kali makan. Siapkan untuk dua kali makan, makanan yang belum dimakan, bekukan di kulkas. Dengan melakukan hal tersebut, Anda menjadi lebih menghemat waktu dalam urusan menyiapkan makanan untuk keluarga.

Merencanakan Waktu Kerja
Usahakan tidak mengambil waktu lembur. Jika harus telat datang ke kantor atau diminta lembur oleh atasan, komunikasikanlah dengan atasan Anda. Misalnya ketika anak sedang sakit dan Anda harus mengantarkannya ke dokter, jangan segan untuk meminta izin ke bos jika Anda harus datang telat atau pamit untuk pulang.

Memiliki Waktu Berkualitas
Meskipun hanya memiliki waktu sedikit untuk keluarga. Jadikanlah pertemuan antar anggota keluarga berkualitas. Rencanakan untuk berpergian di akhir pekan atau menonton film bersama. Setelah pulang kerja Anda juga dapat menemani si kecil untuk mengerjakan PR-nya.

Punya Waktu untuk Diri Sendiri
Segudang aktivitas yang dijalankan, membuat Anda tidak memiliki waktu untuk diri sendiri. Cara untuk tetap bisa bersosialisasi dengan teman dan bisa memanjakan diri adalah dengan mengikutsertakan si kecil. Anda bisa mengajak si kecik ke rumah teman Anda yang juga memiliki anak sebaya dengan anak Anda. Sehingga si kecil juga bisa ikut bersosialisasi. Bisa juga mengajaknya ke salon. Agar dia tidak bosan, ikut sertakan si kecil dalam perawatan yang cocok dengannya. Misalnya menicure dan pedicure, tentunya si kecil akan senang ketika kukunya diberi warna.

Tetap Mesra dengan Suami
Dalam sebulan sekali Anda perlu menghabiskan waktu bersama suami. Pergi bersama atau melakukan liburan singkat tanpa ada gangguan si kecil sangat penting untuk menghangatkan kembali hubungan pernikahan. Anda bisa menitipkan si kecil di rumah orang tua atau saudara. Jika ini sulit dilakukan, setidaknya di malam hari bermesraanlah dengan suami. Sempatkanlah berbincang tentang kegiatan suami dan membicarakan perkembangan si kecil.

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*