RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » Cara Mudah Menyimpan Uang Untuk Menabung

Cara Mudah Menyimpan Uang Untuk Menabung

Mungkin Anda sudah berniat untuk menabung, tapi di pertengahan niat tersebut, Anda tetap boros dan melupakan prinsip. Kenyataannya, menabung sangat penting untuk masa depan setiap orang.

Pada prakteknya menabung sulit dilaksanakan. Mengapa? Alasannya pun beragam, mulai dari membeli barang yang tidak sesuai kebutuhan sampai akibat memiliki banyak utang.

Kebiasan menabung memang harus konsisten dan Anda harus punya tujuan. Sehingga Anda akan lebih bersemangat untuk menabung. Berikut ini beberapa cara agar Anda dapat menyisihkan uang untuk bisa menabung.

Jangan mudah tergoda dengan diskon
Diskon sudah seperti ‘teman akrab’ bagi wanita. Di mana ada diskon, di sanalah para wanita berkumpul. Dengan harga yang murah, wanita sering kali kalap berbelanja, karena wanita berprinsip ‘mumpung murah’. Padahal barang-barang yang dibeli belum tentu dibutuhkan.

Memiliki daftar belanja
Setiap bulannya Anda harus menuliskan daftar kebutuhan Anda. Sehingga ketika sedang berbelanja Anda mengetahui apa saja yang harus dibeli dan jangan membeli hal-hal yang tidak penting dan tidak ada di list belanja Anda.

Jangan terlalu sering pergi ke mal
Usahakan jangan pergi ke mal jika Anda tidak membutuhkan barang yang akan dibeli. Biasanya, hanya berniat window shopping, tapi bisa jadi kebablasan belanja. Jadi, jika tidak ada yang penting sebaiknya hindari mal.

Tidak terlalu sering membawa kartu kredit
Selalu membawa kartu kredit dapat menggoyahkan Anda untuk berbelanja. Jadi, sebaiknya jangan selalu membawa kartu kredit kemana pun Anda pergi. Jika ada kebutuhan yang harus dibeli sebaiknya gunakan uang cash atau kartu debit bukan kartu kredit, agar Anda tidak menanggung utang di akhir bulan.

Pisahkan tabungan
Idealnya, setiap bulan Anda harus menyisihkan uang untuk ditabung. Agar tabungan yang telah disisihkan tidak terpakai, bukalah rekening tabungan baru. Pisahkanlah rekening tabungan Anda dengan rekening gaji. Rekening baru Anda sebaiknya tidak memiliki ATM, agar Anda tidak tergoda untuk mengambil uang.

Tabungan berjangka atau Deposito
Cara lain agar bisa menabung adalah mendepositokan uang atau mengikuti tabungan berjangka. Sehingga sebelum waktu yang telah ditentukan Anda tidak akan dapat mengambil uang tersebut.

Hemat
Hidup hemat bukan berarti harus sengsara. Banyak cara agar bisa hidup hemat. Misalnya dengan membawa makanan dari rumah atau naik kendaraan umum. Tentunya cara ini juga akan lebih menyehatkan jika memang Anda bukan tipe orang metropolis yang malu karena gengsi.

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*