RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » Stres Bisa Bikin Orang Gatal-gatal

Stres Bisa Bikin Orang Gatal-gatal

Terkadang seseorang bisa mengalami gatal-gatal tanpa adanya sebab yang jelas. Jika memang seperti itu ada kemungkinan stres yang dialami sebagai penyebabnya.

Segala sesuatu yang dipikirkan bisa berdampak terhadap tubuh termasuk stres. Stres dan kecemasan yang dialami bisa mengganggu metabolisme dan sistem kekebalan tubuh yang nantinya berujung pada timbulnya penyakit.

Gangguan yang terjadi akibat stres bisa mempengaruhi kulit, fungsi pencernaan, sirkulasi darah dan hormon. Gatal-gatal atau ruam pada kulit yang disebabkan oleh stres adalah salah satu hal yang umum terjadi.

Hingga saat ini memang belum diketahui dengan pasti bagaimana stres bisa membuat seseorang merasa gatal-gatal. Tapi ada kemungkinan hal ini berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun akibat stres, sehingga menyebabkan gatal-gatal atau dikenal dengan stress rashed, seperti dikutip dari Medicinenet, Senin (6/6/2011).

Salah satu teori mengungkapkan stres bisa mengganggu metabolisme yang nantinya berujung pada melemahkan sistem kekebalan tubuh serta terganggunya produksi hormon di dalam tubuh. Gabungan ketiga kondisi ini akan menimbulkan masalah pada dermal atau kulit.

Jika sebagian besar hormon terganggu maka kelenjar sebasea akan menjadi lebih aktif dan ditambah dengan adanya keringat berlebih selama seseorang gelisah atau stres. Hal ini akan membuat kotoran dan bakteri terakumulasi yang menyebabkan pori-pori kulit terganggu.

Selain itu metabolisme yang lamban membuat tubuh tidak bisa mengekstrak nutrisi dari makanan dengan baik yang menyebabkan proses buang air besar menjadi bermasalah. Dengan begitu maka tubuh akan menumpuk racun di dalam darah yang akhirnya menimbulkan masalah pada kulit termasuk ruam.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk meringankan gatal-gatal akibat stres yaitu dengan mencegah datangnya stres seperti belajar relaksasi, meditasi dan manajemen stres yang diikuti dengan menggunakan pakaian longgar, menghindari produksi keringat berlebih, serta hindari mandi air hangat.

Selain itu konsumsi air yang cukup, makanan yang kaya akan serat untuk membantu mengatur pergerakan usus serta mengonsumsi vitamin dan antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan racun dan infeksi dari dalam tubuh.

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*