RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Tanaman di Ruang Kerja Bisa Cegah Stres

Tanaman di Ruang Kerja Bisa Cegah Stres

Menempatkan pot berisi tanaman di ruang kerja baik untuk kesehatan. Berdasar studi tim psikolog asal Universitas Norwegia dan Universitas Uppsala Swedia, keberadaan tanaman dapat meredam lelah, stres, tenggorokan kering, sakit kepala, batuk, dan kulit kering.

Dalam studi tersebut, peneliti melibatkan 385 karyawan. Peneliti mengamati tingkat cuti sakit dan jumlah tanaman yang dapat terlihat dari meja mereka. Hasilnya, semakin banyak tanaman yang dapat mereka lihat cenderung semakin rendah tingkat risiko sakitnya.

Salah satu penjelasan ilmiah yang mendasari kesimpulan itu adalah kemampuan tanaman dan mikroba dalam tanah dalam menghilangkan senyawa organik yang buruk bagi kesehatan.

“Sementara penjelasan psikologisnya adalah banyak orang percaya bahwa tanaman menyehatkan. Ini cenderung membuat mereka lebih optimistis terhadap kesehatan mereka sendiri,” kata Dr Tina Brungslimark, pemimpin studi, seperti dikutip dari Daily Mail.

Studi juga mengungkap, tanaman dedaunan dapat menurunkan tingkat  debu di tempat kerja hingga 20 persen. Tanaman dedaunan lebih baik dibandingkan tanaman bunga. “Permukaan dedaunan yang besar menghasilkan oksigen dan membantu mengurai zat beracun di udara,” kata Dr Bringslimark.

Hasil studi itu diperkuat dengan laporan yang dipublikasikan Washington State University bahwa pot berisi tanaman sangat bermanfaat menunjang kesehatan karyawan yang bekerja di dalam ruang minim ventilasi atau tanpa jendela.

Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat, produktivitas pekerja cenderung lebih tinggi ketika bekerja di dalam ruang dengan sentuhan tanaman hijau. Ini terkait dengan faktor stres dan tekanan darah yang rendah.

“Penelitian ini ingin menegaskan bahwa tanaman dapat memberikan kontribusi untuk meredam tingkat stres,” kata Dr Virginia Lohr, yang memimpin penelitian di Amerika Serikat.

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*