RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » 3 Cara Menghindari Jebakan Stres di Pagi Hari

3 Cara Menghindari Jebakan Stres di Pagi Hari

Semua kesibukan dimulai pada awal hari. Tidak heran apabila ketegangan sudah mulai terasa pada saat kita terbangun di pagi hari. Apa yang harus dilakukan hari ini? Jalanan macet tidak, ya? Bagaimana saya bisa sampai di tempat kerja sebelum pukul 09.00, karena akan ada meeting pukul 09.30? Baju apa yang pantasnya saya pakai, supaya terlihat lebih segar? Dan seterusnya.

Kehebohan di pagi hari ini akan semakin terasa hingga siang, apabila persiapan kita juga kurang. Atau, bila pikiran kita sudah terpaku pada hal-hal yang sebenarnya bisa diselesaikan kemudian. Untuk itu, para pakar menganjurkan agar kita melakukan tiga hal ini setiap pagi, agar setelahnya lebih siap beraktivitas.

1. Tidak menghidupkan komputer maupun ponsel
Sebagian dari Anda langsung menyalakan Blackberry atau laptop dan mengecek e-mail yang masuk. “Ini sebaiknya tidak dilakukan,” saran Susan Fletcher, PhD, psikolog dari Plano, Texas. Menurutnya, jika Anda ingin menghindari stres berlebihan di pagi hari, kendalikan dulu dorongan untuk membaca e-mail. Sebab, begitu Anda menatap e-mail dan membacanya, waktu yang Anda asumsikan hanya 5 menit itu bisa mundur hingga 10 menit, atau bahkan 1 jam. Akibatnya, mundurlah juga semua jadwal aktivitas Anda di hari itu.

Selain itu, kata Fletcher, memulai hari dengan membaca e-mail juga bisa membuat Anda jadi kurang produktif setelahnya. “Lebih baik, jadwalkan membuka e-mail menjelang tengah hari dan jawablah semuanya,” sarannya. Pada sore hari, Anda dapat melihat inbox setiap jam dan menjawabnya dalam waktu 5 menit.

2. Awali dengan olahraga
Memang, berolahraga itu tidak pandang waktu. Tetapi, banyak ahli mengatakan bahwa berolahraga di pagi hari dapat juga mengenyahkan stres dan membuat Anda lebih segar sepanjang hari. Sebab, olahraga dapat mendorong produksi hormon endorfin, yang dapat membantu Anda menghadapi hari paling menantang sekalipun. Para ahli juga berpendapat bahwa berolahraga di pagi hari dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak pada malamnya. Manfaat lainnya, jika Anda sudah menyempatkan berlatih di pagi hari, sisa hari itu bisa dilalui tanpa rasa bersalah karena belum menunaikan kewajiban olahraga.

3. Santap sarapan penuh gizi
Makan pagi adalah senjata paling ampun untuk melalui hari. Debbie Mandel, pakar dalam pengelolaan stres dan penulis buku Addicted to Stress, menganjurkan Anda untuk menjadikan sarapan sebagai waktu makan paling penting di setiap hari, dengan porsi yang juga besar.

“Pastikan sarapan Anda terdiri atas banyak protein, karbohidrat kompleks, serta sayuran atau buah-buahan. Asupan protein yang tinggi dapat membuat kemampuan berpikir Anda jadi lebih baik, sementara karbohidrat kompleks, seperti havermut atau roti gandum, dapat membuat mood Anda selalu baik,” papar Mandel.

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*