RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » 4 Snack yang Bisa Membuat Anda Sehat

4 Snack yang Bisa Membuat Anda Sehat

Banyak orang rela melawan keinginan ngemil demi mendapatkan berat tubuh ideal. Anggapan ini sebenarnya salah, karena kita tetap memerlukan asupan energi di sela-sela jam makan utama, apalagi bila cukup banyak beraktivitas.

Namun, pilihlah camilan dengan bijak. Hindari makanan yang rendah nilai gizi tapi tinggi lemak, gula dan kalori. Dilansir Glamour, ini dia camilan sehat yang penting Anda konsumsi.

1. Kacang Tanpa Garam
Berbagai jenis kacang, khususnya kacang tanah dan almond memiliki kandungan protein tinggi dan rendah gula. Selain itu, keduanya juga rendah kalori dan lemak jenuh.

“Pada umumnya, kacang-kacangan memiliki lemak tinggi tapi kaya akan nutrisi seperti vitamin B1 dan baik untuk jantung,” jelas Dr Emma Williams dari British Nutrition Foundation.

Selain vitamin, kacang juga mengandung asam lemak omega-9, omega-6, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi dan magnesium. Disarankan mengonsumsi kacang sebagai pengganti camilan, tapi hanya kacang yang tidak diberi garam.

“Anda tidak boleh makan lebih dari satu sendok teh garam per hari,” tambah Dr Emma.

2. Yoghurt Rendah Lemak
Yoghurt merupakan camilan yang kaya akan protein. Tapi ingat untuk memilih yang rendah lemak dan tidak diberi gula tambahan. Lebih aman mengonsumsi yoghurt tanpa rasa dibandingkan rasa buah. Karena meskipun beberapa produk mengklaim bebas atau tanpa gula, tetap saja ekstrak buahnya mengandung gula. Untuk menambah rasa, lebih baik mencampurkan yoghurt dengan buah asli seperti stroberi, apel, jeruk atau melon.

3. Apel & Pisang
Dua buah ini sangat baik bagi tubuh, plus snack paling mengenyangkan sekaligus menyehatkan. Apel sama sekali tidak mengandung lemak atau garam, tapi kaya akan vitamin. Seperti vitamin A, B1, B2 dan C –yang penting untuk menguatkan sistem imun tubuh. Buah yang renyah ini juga mengandung magnesium dan zat besi, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang dan darah.

Sedangkan pisang, adalah buah yang bisa membuat efek perut kenyang tanpa harus menambah banyak kalori pada tubuh Anda. Pisang kaya akan potassium yang penting untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

4. Keju Cheddar
Jangan takut untuk mengonsumsi keju, selama jumlahnya tidak berlebihan. Satu tangkup roti gandum dengan isian keju, tomat ceri dan ketimun di dalamnya cukup untuk menghilangkan rasa lapar plus memenuhi kebutuhan protein harian.

“Keju kaya akan protein dan kalsium, yang diperlukan untuk ketahanan tulang dan pertumbuhan,” jelas Dr Emma.

Jika setangkup roti isi keju terasa terlalu banyak, Anda bisa memotong roti kecil-kecil, lalu tambahkan keju dan tomat serta ketimun di atasnya. Tapi ingat, jangan tambahkan mayonaise atau saus krim, karena akan menambah asupan lemak dan kalori.

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*