RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Mengelola Dana Darurat untuk Keluarga

Mengelola Dana Darurat untuk Keluarga

BAGAI roda yang bergulir, dinamika hidup pun silih berganti. Acapkali ditemukan banyak musibah terjadi, seperti kecelakaan atau kejadian lainnya, menerjang kehidupan kita di saat kita tidak siap secara finansial. Akibatnya, kita kerap disergap perasaan panik, cemas, tertekan atau frustrasi.

Tapi sebenarnya perasaan cemas dalam situasi seperti itu bisa dihindari. Yaitu dengan cara menyiapkan sebuah dana khusus untuk keperluan darurat.

Memiliki dan menjaga suatu dana darurat

Sejak saat Anda mulai bekerja dan memiliki penghasilan, biasanya Anda mulai mengumpulkan daftar pengeluaran seperti tagihan untuk keperluan rumah-tangga serta pembayaran cicilan dan tabungan bulanan. Namun, banyak orang tidak memperhatikan pentingnya untuk memiliki dan menjaga suatu dana untuk keadaan darurat, yang seharusnya memang digunakan saat harus dihadapkan pada situasi yang tidak diinginkan.

Dana darurat pada dasarnya adalah dana yang tidak pernah boleh Anda sentuh, karena itu merupakan jaring penyelamat Anda saat mengalami kejadian yang tidak diinginkan. Amat disarankan untuk membuat rekening terpisah bagi dana darurat Anda.Rekening yang Anda peruntukkan bagi dana darurat tersebut haruslah mudah diakses saat diperlukan.

Berdisiplinlah dalam menjaga rekening dana darurat Anda, dan pastikan jumlah dana yang Anda miliki sesuai dengan keperluan bulanan Anda yang bisa saja tetap ataupun meningkat setiap tahunnya. Hindari penggunaan dana ini untuk membeli barang mewah atau untuk berlibur,yang tentunya bukanlah masuk kategori darurat.

Simpanan dana darurat Anda tentunya juga menghasilkan bunga bank, maka kelebihan dana tersebut dapat Anda pindahkan ke rekening tabungan biasa Anda.Jadi, dana darurat Anda dapat menjadi sumber pemasukan tambahan melalui bunga bank yang dihasilkannya itu.

Mengapa Anda memerlukan dana darurat?

Bila Anda tinggal di negara-negara yang keadaan ekonominya lebih tidak stabil dibandingkan lainnya, maka dana darurat Anda dapat membantu untuk menutupi pengeluaran bulanan jika Anda kehilangan mata pencaharian. Dana darurat Anda dapat membantu Anda selama empat sampai enam bulan masa menganggur, dan membantu Anda untuk tetap dapat membayar tagihan dan kebutuhan hidup utama.

Suatu kecelakaan pastinya merupakan peristiwa yang memang tidak diduga. Biaya perbaikan mobil, misalnya, memang tidak murah, dan biasanya terjadi dengan tiba-tiba. Di banyak negara termasuk Indonesia, di mana perlu untuk memiliki kendaraan yang siap setiap saat, memperbaiki kendaraan dengan cepat tanpa harus cemas mencari sumber dananya adalah suatu hal yang penting.

Insiden lain yang dapat terjadi tanpa diduga adalah bencana alam seperti banjir atau tanah longsor yang dapat merusak rumah atau kendaraan. Dana darurat mungkin tidak dapat memperbaiki semuanya, tapi dapat membantu Anda menangani beberapa hal penting yang harus segera dilakukan tanpa menambah beban pada arus keuangan Anda.

Seberapa besarkah dana darurat yang harus Anda miliki?

Untuk mengetahui jumlah dana darurat yang harus dimiliki, terlebih dahulu perlu daftar pengeluaran penting bulanan Anda. Ini termasuk seluruh tagihan telepon termasuk seluler, cicilan kendaraan, cicilan rumah, sewa-sewa, uang sekolah anak, premi asuransi, tagihan listrik dan air, pengeluaran bensin atau transport lainnya, belanja bulanan, dan sebagainya.

Setelah semuanya Anda hitung, pilihlah mana yang dapat Anda coret dari daftar sebagai pengeluaran yang kurang penting. Contohnya, menghentikan layanan TV kabel atau internet untuk sementara waktu saat terkena situasi darurat, dan ini sudah akan membantu Anda berhemat sekian ratus ribu rupiah.

Nah, dari daftar terakhir ini, jumlahkan seluruh pengeluaran, kemudian kalikan dengan enam bulan. Itulah jumlah total yang Anda perlukan sebagai dana darurat.

Bagaimana memulainya, jika saya belum pernah memiliki dana darurat ini?

Apapun tujuan perencanaan keuangan Anda, pada dasarnya adalah untuk memastikan stabilitas keuangan yang harus dan hanya disesuaikan dengan kepentingan Anda. Menabung dana darurat adalah tujuan jangka pendek. Tapi ingatlah, jangka pendek berarti paling tidak tiga sampai lima tahun.

Itu waktu yang cukup bagi Anda untuk melakukannya. Jika Anda masih muda, hal ini akan terasa jauh lebih realistis lagi. Jika Anda menyisihkan satu juta rupiah per bulan selama lima tahun, Anda pun akan memiliki dana sebesar Rp60 juta yang kira-kira jumlah yang cukup sebagai dana darurat Anda.

Jika Anda memperoleh bonus, jangan lupa untuk mengalokasikannya juga ke dana darurat Anda, sehingga dapat lebih cepat mencapai jumlah dana yang Anda inginkan. Jika Anda sudah memasuki usia yang lebih dewasa dengan anak-anak yang memerlukan dana pendidikan, sementara waktu pensiun Anda sendiri sudah dekat, maka Anda harus menelaah ulang prioritas keuangan Anda.

Ini adalah hal yang sama sekali berbeda, karena Anda sudah harus berpikir tentang persiapan dana hari tua. Disiplin adalah kunci untuk mencapai target dan tujuan keuangan Anda. Sama halnya seperti diseluruh aspek kehidupan, apakah itu mencapai hasil yang baik di sekolah, menjaga kesehatan, atau membangun karir Anda, berdisiplin, fokus dan beberapa nasihat akan dapat membantu Anda memperoleh apa yang ingin Anda capai.

Terakhir, upayakan selalu dalam membuat perencanaan keuangan yang bijaksana, agar dana Anda dapat memberi manfaat maksimal bagi Anda dan keluarga.

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*