RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Mitra Update » Fobia Pisang Selama 20 Tahun Akhirnya Sembuh dengan Terapi

Fobia Pisang Selama 20 Tahun Akhirnya Sembuh dengan Terapi

Ayrshire, Inggris, Karena sering dipaksa makan buah termasuk pisang saat kecil, kondisi itu malah membuat seorang gadis menjadi fobia pisang. Selama 20 tahun, jika melihat atau membayangkan pisang sang gadis akan langsung mual, pusing dan muntah-muntah. Tapi fobia pisang itu akhirnya berhasil disembuhkan.

Paula Ross (23 tahun) asal Inggris menceritakan ketakutannya terhadap buah pisang selama 20 tahun. Saat masih kecil Paula Ross sering dipaksa mengonsumsi berbagai jenis buah oleh orangtua salah satunya pisang. Tapi kondisi ini justru membuatnya menjadi fobia terhadap buah pisang. Biasanya rasa takut akan timbul jika ia melihat pisang dan diikuti oleh rasa mual dan bahkan hingga muntah.

“Dulu orang-orang akan mengejarku di taman bermain sambil membawa kulit pisang dan semua orang menertawakanku, mereka pikir hal itu lucu padahal itu menyiksaku,” ujar Paula, seperti dikutip dari Dailymail, Senin (4/7/2011).

Rasa takut yang muncul akan semakin buruk jika ia berada dalam satu ruangan dengan pisang dan tubuhnya akan sakit jika mencium bau dari pisang tersebut. Tapi setelah melakukan terapi, ia akhirnya bisa terbebas dari fobia terhadap pisang.

“Terapi ini telah mengubah hidup saya, dan kini saya bisa mengonsumsi pisang secara teratur. Hal ini benar-benar fantastis,” ungkap Paula yang tinggal di Kilmarnock, Ayrshire, Inggris.

Paula bisa disembuhkan dari fobia pisang dengan menggunakan teknik psikoterapi yang disebut dengan Neuro-linguistic programming, yaitu suatu teknik yang akan mempengaruhi cara seseorang bereaksi terhadap rangsangan eksternal atau yang berasal dari luar.

Teknik perawatan yang diberikan ini melibatkan seorang terapis bicara yang akan mengajarkan pasien bagaimana memisahkan kenangan buruk yang dimilikinya terhadap benda-benda tertentu dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih positif.

“Saya menyuruh Paula mengambil pisang dan membayangkan perasaan yang dialaminya. Lalu saya akan mengambil pikirannya ke waktu sebelum ia mengalami fobia dan mengajarinya untuk berpikir positif sehingga memiliki perasaan tenang dan senang dengan pisang,” ujar terapis John Bruce dari Epilepsy Connections di Paisley, Renfrewshire.

Pada akhir sesi dari terapi ini, Paula bisa memegang buah pisang tanpa memiliki rasa takut atau fobia yang selama ini bisa membuatnya tersiksa. Kondisi ini sempat membuatnya tidak percaya.

“Kini saya bisa pergi makan siang dengan teman-teman dan tidak perlu khawatir ada pisang di sekitar saya. Saya senang bisa melakukannya dengan baik dan sangat berterimakasih

Baca Juga

mitrafm.com Aksi Sehat 212 BMH

Aksi Sehat 212 BMH

MitraFM.com – Aksi Sehat 212 BMH. Besok (2-12-2016) akan digelar Aksi Bela Islam 212 menuntut ditegakkan hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*