RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Anda » 8 Trik ‘Santai’ Mengelola Stres di Kantor

8 Trik ‘Santai’ Mengelola Stres di Kantor

Jakarta – Kerja selalu bikin stres. Jarang ada orang yang bisa mengurangi stres di tempat kerja. Biasanya malah meningkat, apalagi jika terlalu banyak pekerjaan yang masuk sekaligus. Sebenarnya, ada beberapa cara mudah untuk menghindari datangnya stres, yaitu dengan mengelola ataupun mengalihkannya. Berikut beberapa triknya seperti dilansir oleh HowToDoThings dan beberapa sumber lainnya.

1. Sistematis
Aturlah pekerjaan yang datang. Prioritaskan mana yang sifatnya urgent dan penting. Dengan adanya pengaturan prioritas, maka bisa diperkirakan waktu yang akan ditempuh untuk menyelesaikannya. Andapun bisa lebih fokus dan cepat mengerjakannya. Beberapa orang menuliskan ‘to-do list’ sebelum memulai harinya di kanor, ini juga bisa diterapkan. Datang lebih awal di kantor juga bisa menjadi terapi untuk mengurangi stres yang didapat dari kemacetan jalan. Kontrol ritme pekerjaan Anda, bukan stress yang mengontrol Anda.

2. Prioritaskan Tugas Deadline
Semakin dekat pekerjaan dengan deadline (tenggat waktu), maka semakin tinggi stress yang didapat akibat rasa panik maupun kurangnya fokus. Jangan sekali-kali menunda pekerjaan yang memiliki tenggat waktu. Selesaikan saat itu juga untuk mencegah kekhawatiran yang tidak perlu.

3. Berhenti Sejenak
Ketika pikiran Anda seperti mau meledak, itu tandanya Anda harus berhenti sejenak. Tutup mata, tarik napas dan hembuskan perlahan. Lupakan pekerjaan sejenak kurang lebih satu menit. Anda akan takjub akan efek positif yang didapat dari rehat semenit ini. Jika Anda memiliki waktu lebih, cobalah bermeditasi di ruang kosong. Hal ini dapat merilekskan tubuh dan pikiran.

4. Bangun dan Berjalanlah
Walaupun terdengar seperti membuang waktu lebih banyak, namun cobalah berjalan. Entah itu pergi ke kamar mandi atau ke lobby kantor. Menggerakkan kaki dan mengubah pemandangan mata bisa menyegarkan pikiran.

5. Hirup udara segar
Stress sebenarnya ada di dalam pikiran. Kebuntuan ide membuat sebuah pekerjaan lama diselesaikan. Bukalah jendela atau pergilah ke tempat terbuka. Hiruplah udara segar dan biarkan pikiran rehat sejenak. Tingkat stress yang ada di ruangan kerja bisa dibuang dengan melakukan hal ini.

6. Tidur Siang
Bukan aktivitas tidur berjam-jam yang kami maksud. 15 menit saja sangat cukup. Pejamkan mata dan kosongkan pikiran. Pasang alarm getar untuk membangunkan Anda. Lakukan ini di kursi Anda maupun ruangan yang memiliki sofa. Ingat! Kuncinya jangan sampai kebablasan. Tidak perlu malu jika dilihat oleh rekan kerja, cukup jelaskan apa yang sedang Anda lakukan.

7. Mengobrol
Sama seperti tidur siang, Anda bisa menghampiri rekan kerja yang memang sudah dekat dan luangkan waktu kurang lebih 15 menit untuk membahas topik yang menyegarkan di luar pekerjaan. Namun pastikan kalau rekan yang Anda ajak mengobrol memang tidak terganggu dan juga sedang senasib (stress).

8. Mendengar Musik
Terdengar relatif, namun tak ada salahnya dicoba. Jika tipe musik relaksasi Anda adalah ‘Heavy Metal’ atau jenis spesifik yang mungkin kurang berkenan di setiap orang, gunakanlah earphone. Beberapa orang justru makin stres ketika mendengarkan musik sambil bekerja, jadi berempatilah, dan nikmati pekerjaan Anda.

Baca Juga

belajar-dimanapun-kapanpun

Belajar Kapanpun dan Dimanapun

Oleh:¬†Agus Triarso, S.Kom (MitraFM.com) – “Belajar kapan pun dan dimanapun…!!!” Ya, itulah isu yang saat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*