RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Batu Malang » Ganti Popok Tanpa Perang

Ganti Popok Tanpa Perang

Orangtua perlu cara ‘cantik’ untuk membuat aktivitas bersama bayi menjadi lebih menyenangkan. Termasuk saat mengganti popok. Lakukan lewat berbagai permainan seru! Ganti popok pun tanpa perang.
Main Petak umpet.  Permainan ini cocok dilakukan saat mengganti popok. Katakan padanya “Di mana, ya, kakinya?” sambil Anda pura-pura mencari kaki si bayi dibalik popok. Saat ia menunjukkan kakinya, Anda bisa tangkap “Hap, bunda temukan kakimu!” Atau tanyakan “Mana pantatnya, ya? Bunda tidak lihat.” lalu Anda bisa sentuh pantatnya dan katakana “Oh, ini dia pantatnya. Ayo masukkan ke dalam popok!” Ini akan membuatnya tertawa senang. Sst..ia tidak akan merasa bahwa ia sedang Anda ‘kerjai’ agar mau diganti popok.
Pasang foto atau gambar. Rekatkan foto atau poster di langit-langit tempat Anda biasa menggantikan popoknya. Misalnya foto Anda berdua dia atau gambar binatang. Pilih gambar berupa foto karena mata bayi lebih mudah mengenali gambar foto. Karena Anda akan gunakan foto atau poster ini untuk membuat bayi berkomunikasi dengan gambar itu.  “Itu bebeknya sedang berenang, nak. Bunyinya wek…wek…wek…”  Bayi terkagum-kagum dengan gambar dan cerita Anda, Anda pun dapat mengganti popoknya dengan mudah.
Bekali mainan. Satu keranjang berisi kosmetik harus ada di samping Anda sebelum ritual  mengganti popok dimulai. Sebut saja krim zinc yang berbentuk tube, tisu basah, bedak atau minyak telon. Tahukah Anda, bahwa kosmetik bayi ini bisa dimanfaatkan untuk ‘obat penenang’ anak saat sedang diganti popok? Ambil dan berikan pada anak untuk dijadikan mainan. Pastikan penutupnya tertutup rapat  karena bisa saja krim di dalam tube pindah ke dalam mulut bayi.
Libatkan ‘pemain’ pengganti. Semua hal begitu menarik untuk bayi, kecuali mama. Tanpa bermaksud mengatakan Anda bukan lagi sosok yang menarik lagi buat anak. Si kecil hanya sedikit bosan, ia butuh teman lain selain Anda. Coba untuk mengajak boneka Teddy Bear atau boneka kesayangan lainnya untuk menemani Anda ketika mengganti popok. Buat cerita bahwa kali ini bukan Anda yang ingin mengganti popoknya, melainkan boneka Teddy Bear. Letakkan boneka di sisi Anda dan terlihat oleh anak, agar ia percaya bahwa boneka Teddy yang mengganti popok.
Jari menari. Ayo ikuti caranya : gunakan jari telunjuk dan jari tengah Anda seolah-olah menjadi dua buah kaki yang memanjat tubuh si buah hati. Anggaplah kaki bayi Anda sebagai batang pohon. Nah, kini saatnya jemari Anda berperan untuk menaiki ‘batang pohon’ buatan. Jangan lupa ikuti dengan nyanyian “Naik-naik ke atas pohon, tinggi-tinggi sekali.” atau membuat cerita seperti “Panjat..panjat..Teddy Bear memanjat pohon dari ranting ke dahan. Ah, ranting putus, Teddy jatuh.” Saat jatuh, berikan tubuhnya gerakan yang menggelitik untuk memancing tawanya. Anda bisa selingi permainan jari jemari ini dengan kegitan mengganti popok.
Alihkan perhatiannya. Ikuti kemana pandangan bayi Anda pada saat mengganti popok. Ketika ia melihat ke arah pelafon ruangan, Anda bisa bercerita tentang cicak-cicak di dinding. Bila ia sudah puas dengan cerita Anda tentang cicak, arahkan kepada pemandangan lain. Misalnya bunga di luar jendela kamar atau benda-benda yang bergerak. Tidak ada salahnya bila sebelum ritual mengganti popok berlangsung, Anda sudah siapkan mainan yang bisa berputar di atasnya. Ia lebih tertarik dengan mainannya dibandingkan menendang-nendang tangan Anda.
Tatap mata bayi. Saat mengganti popok, tatap mata bayi Anda. Jalin kontak mata dan ajak dia bicara. Katakan bahwa dia sekarang sedang ganti popok. Jelaskan mengapa dia harus pakai popok, sambil tangan Anda bergerak cepat memakaikan popok. Bila penjelasan Anda selesai sebelum popok terpasang, buatkan cerita sambil terus tatap mata bayi.  Kontak mata Anda dan dia  membuatnya kehilangan perhatian terhadap hal-hal lain.(ayahbunda)

Baca Juga

Jelajah Pasar Rakyat Nusantara

JELAJAH PASAR RAKYAT NUSANTARA

MitraFM.com – Jelajah Pasar Rakyat Nusantara 2016. JELAJAH PASAR RAKYAT NUSANTARA FESTIVAL PASAR RAKYAT 2016 Keluarga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*