RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Berita » Berita Nusantara » Batan Fokuskan Nuklir untuk Pangan

Batan Fokuskan Nuklir untuk Pangan

Badan Tanaga Nuklir Nasional (BATAN) akan memfokuskan pemanfaatan hasil Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Iptek Nuklir untuk ketahanan pangan dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Kepala Batan Djarot S Wisnubroto di Serang, Rabu, mengatakan, pemanfaatan hasil Litbang Iptek nuklir pada 2012 diarahkan pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, khususnya di bidang pertanian dan perikanan dalam upaya memperkuat ketahanan pangan.

Selain itu juga terus dikembangkan dalam bidang kesehatan serta sumber daya alam dan lingkungan, katanya.

“Selama ini pemanfaatan hasil litbang iptek nuklir sudah berjalan 13 tahun dengan sumber anggaran masih dari APBN. Ke depan diharapkan mitra-mitra BATAN bisa lebih mandiri, sehingga pemanfaatannya bisa lebih berkembang dan dirasakan masyarakat,” kata Djarot S Wisnubroto usai membuka Lokakarya “Pemanfaatan Hasil Litbang Iptek Nuklir (PHILN) Tahun 2012” di Serang.

Menurut Djarot, pengembangan hasil litbang iptek nuklir merupakan kegiatan penerapan hasil penelitian, pengembangan dan rekayasa (Litbangyasa) BATAN berbasis iptek nuklir. Kegiatan tersebut diharapkan menjadi pemicu dan pemacu pembangunan di daerah, untuk meningkatkan kesejahteraan dan perbaikan kualitas hidup masyarakat.

“PHILN ini telah dimulai sejak tahun 1999 dan telah dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia,” kata Djarot pada lokakarya bertema ` Eksistensi Iptek Nuklir Dalam Mendukung Ketahanan Pangan`.

Menurut Djarot, salah satu pembinaan yang dilakukan yakni dengan menyelenggarakan forum pertemuan dalam bentuk lokakarya yang diikuti oleh seluruh mitra BATAN di daerah, sehingga terjalin komunikasi efektif antara mitra dengan para peneliti BATAN dan antara mitra satu daerah dengan daerah lainnya.

“Kegiatan PHILN pada tahun 2012 ini, penggunaan produk hasil Litbang BATAN mencapai 1.540 hektare tanaman padi dan 44 hektare tanaman kedelai, serta pada penggunaan suplemen pakan ternak untuk 180 ekor sapi,” kata Djarot.

Menurutnya, untuk pemanfaatan hasil litbang Iptek nuklir agar lebih optimal dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat, membutuhkan waktu yang cukup lama serta membutuhkan sosialisasi yang intensif kepada masyarakat.

“Selain membutuhkan dukungan anggaran yang memadai, pemanfaatan hasil litbang iptek nuklir juga perlu terus disosialisasikan kepada masyarakat,” kata Djarot.

Sementara itu, Asisiten Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Banten Saleh MT mengatakan, pihaknya sudah menekankan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di Provinsi Banten untuk memanfaatkan peluang dari pengembangan hasil litbang iptek Batan. Sehingga dengan pemanfaatan pengembangan hasil litbang Iptek Nuklir tersebut bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Banten.

“Sudah kami tekankan kepada para kepala SKPD agar bisa memanfaatkan peluang ini. Memang sebagian sudah diterapkan seperti pada bidang pertanian dan perikanan,” kata Saleh MT.

Sementara Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtasa Soleh Hidayat mengatakan, pengembangan hasil Litbang Iptek Nuklir BATAN yang dikerjasamakan dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa di Banten sudah dilakukan sejak tahun 2006 oleh Dinas Pertanian Provinsi Banten.

“Saat ini sudah dimanfaatkan untuk sekitar 760 hektare lahan pertanian dan juga bidang perikanan,” kata Soleh Hidayat.(ant)

Baca Juga

mitrafm.com Jelajah Tempat Wisata di Lombok yang Cantiknya Bikin Betah

Jelajah Tempat Wisata di Lombok yang Cantiknya Bikin Betah

MitraFM.com – Jelajah Tempat Wisata di Lombok yang Cantiknya Bikin Betah. Pesona Lombok memang tidak bisa ...