RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Mancanegara » Gempa di Myanmar Tengah Tewaskan Lima Orang

Gempa di Myanmar Tengah Tewaskan Lima Orang

Gempa kuat menghantam Myanmar tengah pada Ahad di dekat Mandalay, kota terbesar kedua setelah Yangon, mengakibatkan lima orang tewas, sementara beberapa pekerja bangunan hilang.

Gempa berkekuatan 6,6 pada skala Richter itu terjadi di barat laut Mandalay, kata Badan Survai Geologi Amerika Serikat (USGS). Pusat gempa berada di kedalaman sekitar 10 kilometer.

“Saya tidak pernah merasakan gempa yang sekuat itu. Saya juga mendengar beberapa suara keras dan listrik mati.Tidak tahu tentang kerusakan properti,” kata seorang penduduk Mandalay melalui telepon.

Beberapa gempa susulan yang sangat kuat melanda daerah itu tetapi tidak ada laporan kerusakan yang serius di Mandalay.

Penduduk di Bangkok, ibu kota Thailand juga merasakan getaran gempa itu.

Seorang pejabat di Departemen Meteorologi Mandalay mengatakan pusat gempa berada dekat kota Shwebo dan terjadi pada pukul 07.41 waktu setempat (08.11 WIB).

Media lokal melaporkan, jembatan yang sedang dibangun di Sungai Irawaddy antara Kyauk Myaung dan Singgu ambruk.

Seorang perwira polisi di Shwebo,pusat pemerintahan , mengatakan seorang wanita tewas dan 10 orang cedera di Kyauk Myaung.

“Satu rumah ambruk di Kyauk Myaung. Jembatan Radana Thinga, yang sedang dibangun di sungai itu ambruk. Besi-besi batangan jatuh ke sungai dan lima pekerja hlang,” katanya kepada Reuters.

Seorang perwira molisi di Kota Singgu seberang Kyauk Myaung di sisi timur Irawaddy mengemukakan kepada Reuters, empat orang tewas dan sembilan lainnya cedera akibat gempa itu.

“Mereka yang cedera tidak berada dalam kondisi kritis. Kami masih memantau kerusakan dan korban di sekitar itu,” katanya.

Stasiun televisi pemerintah, yang biasanya menjadi corong pernyataan-pernyataan pemerintah di Myanmar bersama dengan surat-surat kabar yang dikelola pemerintah, melaporkan gempa itu tidak menimbulkan korban atau kerusakan properti.

Media lokal melaporkan kerusakan ringan di beberapa daerah sekitar Mandalay termasuk Amarapura, satu kota wisata dan tempat biara-biaa dan jembatan kayu jati terpanjang di dunia. Pagoda-pagoda di sana hancur, kata media.

Myanmar termasuk di antara negara-negaa termiskin di Asia.

Pemerintah sipil membuka negara itu sejak mengambl alih kekuasaan dari militer, yang memerintah negara itu selama hampir 50 tahun.

Pemerintah militer dikecam oleh badan-badan kemanusiaan tahun 2008 karena menolak bantuan internasional untuk mngatasi korban Topan Nargis yang menewaskan lebih dari 130.000 orang.

Presiden Barack Obama akan menjadi pemimpin pertama Amerika Serikat yang mengunjungi Myanmar bulan ini, dan bakal menjadi simbol pengakuan internasional paling kuat pada transisi demokrasi negara itu.

Obama akan mengunjungi Myanmar dalam lawatan 17-20 November ke Asia Tenggara, termasuk ke Thailand dan Kamboja. Itu merupaan kunjungan internasional pertamanya sejak terpilih kembali sebagai presiden untuk masa jabatan keduanya pekan lalu.
(antaranews)

Baca Juga

mitrafm.com Dewan Fatwa Malaysia: Haram Hukumnya Rayakan Halloween

Dewan Fatwa Malaysia: Haram Rayakan Halloween

MitraFM.com – Kualalumpur. Dewan Fatwa Malaysia: Haram Hukumnya Rayakan Halloween. Dewan Fatwa Malaysia menyatakan haram bagi ...