RADIO MITRA 97 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Kampungladu, Sidomulyo - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur 65317 - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Batu Malang » Biaya Pendidikan Penyumbang Terbesar Inflasi Kota Malang

Biaya Pendidikan Penyumbang Terbesar Inflasi Kota Malang

Malang – Biaya pendidikan di perguruan tinggi, rekreasi dan olah raga di Kota Malang, Jawa Timur, menjadi penyumbang terbesar terjadinya inflasi pada Oktober di kota itu, yakni mencapai 1, 01 persen.

Kasi Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang Erny Fatima Setyorini, Rabu, mengatakan, pada bulan sebelumnya biaya pendidikan di perguruan tinggi dari sejumlah kampus memang belum masuk, sehingga pada bulan sebelumnya kelompok tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap inflasi.

“Pengaruh biaya pendidikan di perguruan tinggi ini cukup signifikan terhadap inflasi. Namun, secara keseluruhan inflasi di Kota Malang hanya sebesar 0,22 persen atau turun dari bulan lalu yang mencapai 0,52 persen,” katanya.

Selain biaya pendidikan, rekreasi dan olah raga yang menjadi penyumbang terbesar inflasi di Kota Malang, masih ada sembilan kelompok lainnya yang juga ikut berperan cukup besar, seperti kelompok bahan makanan mengalami inflasi sebesar 0,31 persen dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,11 persen.

Sementara kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,02 persen, kelompok sandang 0,50 persen, kelompok kesehatan 0,01 persen serta kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar -0,07 persen.

Sedangkan kelompok komoditas yang mampu mengerem laju inflasi di Kota Malang adalah bawang putih, komputer, apel, kentang, transportasi udara serta TV berwarna.

Dari tujuh kota/kabupaten Indeks Harga Konsumen (IHK) Nasional di Jawa Timur, satu-satunya yang mengalami deflasi adalah Kota Madiun yang mencapai -0,01 persen. Sedangkan enam kota/kabupaten lainnya mengalami inflasi.

Dari tujuh kota IHK di Jatim ini yang mengalami inflasi tertinggi adalah Jember, yakni mencapai 0,28 persen dan Kota Malang sendiri mengalami inflasi sebesar 0,22 persen.

“Untuk inflasi tahun kalender (Januari-Oktober) di Kota Malang sebesar 3,63 persen dan inflasi ‘year on year’ (Oktober 2012 terhadap Oktober 2011) sebesar 4,68 persen,” tandasnya. (ant)

Baca Juga

Ini Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Keliling Indonesia Sekarang

Ini Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Keliling Indonesia Sekarang

Bercita-cita keliling dunia? Keinginan itu bukanlah sebuah hal yang salah. Tapi sebelum mewujudkan keliling dunia, ...