RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Batu Malang » “PPDB” Kota Malang Tanpa Jalur Mandiri

“PPDB” Kota Malang Tanpa Jalur Mandiri

Malang – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2013-2014 di Kota Malang tanpa ada jalur mandiri, sehingga murni melalui jalur “online” (dalam jaringan) dengan menggunakan nilai ujian nasional (NUN).

Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Suwarjana, Sabtu mengatakan, penghapusan jalur mandiri yang diterapkan beberapa tahun terakhir melalui tes tersebut sudah disepakati oleh semua pihak, termasuk Wali Kota Malang Peni Suparto.

“Oleh karena itu, kami hanya tinggal menyiapkan perangkat untuk teknis PPDB jalur ‘online’ saja. Mekanismenya masih menunggu keputusan, apakah nantinya dengan sistem rayon atau bisa memilih seluruh sekolah,” ujarnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, PPDB jalur daring itu nanti persyaratan utama hanya NUN saja, tidak menggunakan nilai rapor, sebab kalau menggunakan nilai rapor dikhawatirkan ada unsur subyektifnya.

Nilai rapor siswa, katanya, bisa saja dibesar-besarkan oleh guru dengan harapan nantinya bisa diterima di sekolah yang diinginkan. Oleh karena itu, NUN menjadi satu-satunya syarat karena tidak mungkin guru intervensi NUN.

Namun demikian, lanjutnya, pihaknya juga tetap memberikan kesempatan bagi siswa yang mendaftar melalui jalur prestasi non-akademik. Artinya, siswa yang memiliki prestasi, minimal di tingkat provinsi bisa memilih sekolah sesuai keinginannya.

Bahkan, katanya, jika ada siswa kurang mampu dan memiliki prestasi non-akademik, maka yang bersangkutan juga akan diberikan beasiswa.

Lebih lanjut Suwarjana mengatakan, dengan dihapusnya PPDB jalur mandiri, tidak ada kesempatan lagi bagi masyarakat yang mempermasalahkan kebijakan tersebut, sebab dengan jalur daring semua menjadi terbuka.

“Sistem online ini akan menciptakan persaingan yang fair dan benar-benar riil, tidak ada yang dimanipulasi,” tegasnya.(ant)

Baca Juga

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

MitraFM.com – Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi. Torehan prestasi menjadi ...