RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Anak » 5 Manfaat Olahraga Ekstrem bagi Anak

5 Manfaat Olahraga Ekstrem bagi Anak

Asalkan persyaratannya dipenuhi, boleh saja anak menekuni jenis olahraga ekstrem. Banyak manfaat yang bisa didapatkan anak dari olahraga ini. Berikut penjelasan dr Michael Triangto, SpKO dari klinik Slim+Health, Sport Therapy, Jakarta.

1. Melatih Fisik dan Motorik
Olahraga ekstrem rata-rata membutuhkan kekuatan tenaga ekstra, karena anak harus memanjat, melompat, berlari, merangkak, dan sebagainya. Jika dilakukan dengan benar, maka kemampuan fisik dan motorik anak semakin baik. Ia pun akan semakin terampil mengolah tubuhnya, aktivitas kesehariannya juga menjadi lebih baik.

2. Melatih Keberanian
Butuh keberanian ekstra untuk melakukan olahraga ini. Unttuk bisaa melakukan panjat tebing misalnya, anak harus berani berada pada ketinggian tertentu; bila ingin melakukan arung jeram, anak harus berani meluncur di atas air yang bergelombang; dan seterusnya. Semakin dilatih, keberanian anak semakin meningkat.

3. Melatih Kedisiplinan
Setiap jenis olahraga meberikan pelatihan kedisiplinan, tak terkecuali jenis olahraga ini. Anak harus berlatih secara kontinu, kapan saja ia harus berlatih, apa saja yang boleh dilakukan dan tidak, latihan seperti apa yang harus dilakukan, dan seterusnya.

4. Melatih Konsentrasi dan Fokus
Ketika melakukan olahraga ini, anak harus konsentrasi dan fokus. Jika tidak, kesalahan bisa saja terjadi yang mungkin bisa membuat anak cedera. Nah, dengan terbiasa berkonsentrasi dan fokus, maka kemampuan ini akan semakin meningkat. Anak pun bisa lebih konsentrasi dan fokus dalam melakukan hal lain seperti belajar.

5. Lebih Sehat dan Bugar
Jika dilakukan dengan rutin dan benar, kondisi kesehatan anak aakan menjadi lebih baik. Sebabnya, olahraga ini menggerakkan tubuh secara aktif sehingga sistem metabolisme tubuh berjalan lebih baik. Otot-otot pun akan terlihat bergerak, pembakaran kalori terjadi dengan maksimal, sistem kardiovaskular berjalan dengan baik, dan sebagainya.

Baca Juga

Cara Menyeimbangkan Otak Kiri Dan Kanan Anak

MitraFM.com– Anak yang pintar di sekolah belum tentu masa depannya cerah/sukses. Untuk sukses, selain nilai ...