RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Berita » Berita Mancanegara » Aliran Lahar ke Samudra di Hawaii Ciptakan Pemandangan Langka

Aliran Lahar ke Samudra di Hawaii Ciptakan Pemandangan Langka

Aliran lahar dari gunung berapi di pulau terbesar Hawaii ke samudra menciptakan perpaduan langka yang spektakuler aliran dan gelombang yang dikatakan para pejabat, Selasa (27/11), dapat menarik pelancong yang ingin meningkatkan adrenalin jika itu berlanjut.

Lahar dari lubang di Gunung Berapi Kilauea, di Pulau Besar Hawaii, mulai mengalir ke dalam samudra sejauh 11 kilometer pada Sabtu (24/11). Gunung berapi itu telah terus-menerus menyemburkan lahar dari lubangnya di Pu’u O’o sejak 1983.

Aliran lahar itu adalah yang pertama dari gunung berapi tersebut yang sampai ke laut sejak Desember lalu, kata Janet Babb, wanita Juru Bicara Hawaiin Volcano Observatory, US Geological Survey.

Bahkan saat para pejabat pariwisata Hawaii menantikan peningkatan kunjungan wisatawan yang tertarik oleh pertunjukan alamiah letusan tersebut, para pejabat memperingatkan mengenai potensi resiko mematikan.

Para pejabat tersebut mendesak pelancong agar tetap berada pada jarak aman dan menghormati penghalang yang dipasang di sekitar aliran lahar.”Lema (entry) lahar ke laut dapat sangat cantik tapi juga amat berbahaya,” kata Babb.

Ketika lahar mencapai samudra, lahar itu menjadi dingin, menjadi hitam dan menjadi keras lalu membentuk delta lahar di tengah arus yang terdesak. Delta lahar tersebut adalah daratan yang baru terbentuk yang tidak stabil dan dapat amblas tanpa peringatan.

Ketika delta itu amblas, bahkan pelancong yang berdiri dalam jarak 100 meter dapat cedera akibat bongkahan besar lahar dan air panas mengalir ke arah mereka akibat tenggelamnya delta tersebut, kata Babb.

“Lahar cair yang bertemu dengan laut menciptakan arus yang mungkin kelihatan tidak berbahaya, tapi dapat sangat membahayakan,” kata wanita tersebut. “Lahar itu asam dan berisi partikel kecil kaca vulkanis. Dan gelombang yang berbenturan dengan lahar dapat mengirim air panas.”

Tidak jelas berapa lama lahar tersebut akan terus mengalir ke samudra.(ANT)

Baca Juga

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

MitraFM.com – Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren. Tantangan yang sangat kasat mata bagi umat Islam saat ini adalah ...