RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Kesehatan » Perlukah Mencuci Buah Sebelum Dikonsumsi?

Perlukah Mencuci Buah Sebelum Dikonsumsi?

Mitrafm.com – Anda mungkin langsung tergoda untuk segera memotong aneka buah yang tersaji di depan anda. Namun saat hendak menyantap, anda terpikir apakah buah sebaiknya dicuci lebih dulu atau tidak.

Sebagian orang berpendapat buah-buahan yang belum dicuci masih mengandung residu pestisida, dan bakteri yang dibawa dari dalam tanah. Namun, sebuah laporan di Inggris baru-baru ini menyatakan mencuci buah itu sewaktu-waktu mungkin tak diperlukan.

“Jika buah dan sayuran itu memang mengandung residu, maka itu masih di bawah level yang berpotensi membahayakan kesehatan,” kata juru bicara dari Food Standards Agency (FSA) dikutip dari the Guardian, Selasa (4/12). Jadi, anda bisa menghemat waktu dan berhenti rewel tentang keharusan membersihkan buah dan sayuran.

Mencuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi memang lebih disarankan oleh para ahli kesehatan. Namun jika anda memutuskan untuk tidak mencuci buah dan sayuran lebih dahulu, ada beberapa langkah yang harus diikuti.

Pertama, pastikan anda menyimpan buah dan sayuran yang mudah rusak di tempat bersuhu 0-5 derajat celsius atau suhu lemari es. Contoh buah dan sayur yang mudah rusak itu adalah stroberi dan jamur.

Kedua, anda harus mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun dan air hangat sebelum dan sesudah menyiapkan buah dan sayuran. Jauhkan buah dan sayuran dari bahan makanan basah lain, seperti daging.

Para ahli menyarankan agar membedakan talenan untuk memotong buah dan sayuran, dengan talenan pemotong daging dan bahan makanan lainnya. Sebab, pertukaran bakteri bisa saja terjadi jika talenan keduanya digabungkan. Bagian buah yang mulai busuk disarankan untuk dibuang.

Ketiga, selain pisang, ahli lebih menyarankan untuk mencuci terlebih dahulu buah dan sayuran. Kentang harus dibersihkan dari tanah yang masih menempel dikulit sayuran. Bahkan, buah yang terlihat sangat bersih seperti berry dan cherry sebaiknya juga dicuci. Namun, tak perlu menggunakan sabun atau cairan kimia lainnya untuk mencuci buah dan sayuran tersebut. (ROL)

Baca Juga

10 Cara Alami Tampil Cantik Tanpa Makeup

Menjadi cantik tak harus pergi ke salon. Anda bisa terapkan 10 tips berikut ini: 1. ...