RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Parenting » Anak » Saudara yang Akur Tumbuh Jadi Anak Sukses

Saudara yang Akur Tumbuh Jadi Anak Sukses

Mitrafm.com – Tak sedikit keluarga mengalami kondisisibling rivalry, suatu keadaan dua saudara kandung saling membenci dan selalu bermusuhan. Mereka kerap sekali ribut mulai dari hal kecil hingga besar. Semua bisa timbul dari persaingan dalam merebut perhatian, perasaan cemburu dan sebagainya. Terlepas dari semua alasan tersebut, jangan biarkan kondisi ini berlarut-larut.

Menurut penelitian sibling rivalry tak hanya membuat orang tua pusing, tetapi merugikan kesehatan mental anak kelak. Menurut para peneliti di Penn State, “Hubungan antara saudara kandung yang negatif sangat terkait dengan perilaku agresif, anti-sosial, dan nakal.” Penelitian ini juga menemukan hubungan saudara yang positif mengarah pada keberhasilan dalam banyak aspek lain dari kehidupan, seperti keberhasilan akademis.

Studi ini meneliti efek dari program afterschool yang membantu meningkatkan hubungan saudara. Peneliti menggunakan permainan interaktif dan kegiatan untuk mengajar komunikasi positif dan keterampilan pemecahan masalah di antara dua saudara. Pemimpin peneliti Mark Feinberg menemukan bahwa, dibandingkan dengan kelompok kontrol, anak-anak yang terlibat dalam program ini menunjukkan pengendalian diri yang lebih, kepercayaan sosial, dan kinerja akademik yang lebih kuat.

Para peneliti menunjukkan bahwa orang tua membantu anak-anak mereka belajar memecahkan masalah dan berkomunikasi secara efektif dengan satu sama lain. Intinya adalah saudara harus melihat satu sama lain sebagai rekan tim bukan sebagai pesaing. Jika Anda sedang mencari solusi untuk masalah perseteruan antara kakak dan adik ikuti beberapa saran berikut.

Membangun koneksi
Jika perkelahian mulai terjadi, paksa mereka duduk di sofa bersama-sama dan mengharuskan mereka untuk memeluk dan saling minta maaf. Interaksi fisik dapat meruntuhkan penghalang antara saudara kandung yang sering bertengkar.

Memberikan kesempatan untuk bekerja sama
Studi menunjukkan, berada di tim yang sama untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan dapat memelihara hubungan saudara yang positif. Berikan tugas yang membutuhkan rencana dan pemecahan masalah bersama-sama. Bekerja sama untuk mencapai tujuan akan membuat mereka menjadi akrab satu sama lain.

Satukan kamar mereka
Berbagi kamar memberikan pengalaman dan ikatan yang besar. Dengan begitu mereka akan terbiasa bercakap-cakap sebelum pergi tidur. Hal ini juga mendorong anak  untuk memiliki rasa tanggung jawab bersama atas ruang kamar mereka.

Mendorong kebersamaan
Liburan keluarga, bermain game bersama-sama pasti menakjubkan. Bermain adalah dunia anak-anak yang ampuh menjalin pertemanan serta kedekatan. Jangan bosan mendorong anak-anak Anda untuk bermain bersama dan berbagi. (kompas.com)

Baca Juga

Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung

Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung

MitraFM.com – Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung. Baitul Maal Hidayatullah sebagai Laznas yang memiliki program sosial ...