RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | YM: radiomitra | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Berita » Sains & Teknologi » Monster Reptil Raksasa Kuasai Sungai-Sungai Kuno
MitraFM.com Space For Ads (650x90)

Monster Reptil Raksasa Kuasai Sungai-Sungai Kuno

Mitrafm.com – Reptil predator raksasa yang cara hidupnya serupa ikan lumba-lumba menguasai sungai-sungai pada masa lalu, demikian hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal PLoS ONE 19 Desember 2012.

Para ilmuwan meneliti monster serupa karnivora punah yang diketahui sebagai mosasaurus, kadal bersayap raksasa yang kemungkinan berhubungan dengan kadal yang ada sekarang.

Dari fosil-fosil mosasaurus yang diangkat ke daratan mulai tahun 1999 dari lubang tambang di Bakony Hills, bagian barat Hungaria, para peneliti menemukan beberapa spesimen berusia 84 juta tahun, dari yang muda sampai dewasa dengan panjang enam meter.

Mosasaurus itu punya badan seperti kadal daratan dengan tengkorak datar seperti buaya dan ekor tak seperti anggota keluargamosasaurus yang sudah diketahui.

Ilmuwan menamai spesies baru ituPannoniasaurus inexpectatus. Kata “Pannonia” merujuk pada bagian di Hungaria tempat spesies itu ditemukan, “saurus” artinya kadal dan “inexpectatus” merujuk pada kejadian tak terduga tentang keberadaan mosasaurus di lingkungan air tawar.

“Ukuran Pannoniasaurus membuatnya menjadi predator paling besar di air,” kata peneliti László Makádi, ahli paleontologi di Hungarian Natural History Museum.

“Sejarah evolusi mosasaurus menunjukkan bahwa temuan ini sangat serupa dengan lumba-lumba dan paus,” kata Makádi kepada LiveScience.

“Moyang mosasaurus dan reptil terkait lain berpindah dari alam daratan ke perairan setidaknya 100 juta tahun lalu. Apakah di lingkungan laut atau air tawar ini belum pasti tetapi beberapa temuan di Jepang kemudian memberikan petunjuk,” katanya.

“Kemudian beberapa waktu antara kejadian ini dan 85 juta tahun sebelum sekarang beberapa anggota primitif mosasaurus laut beradaptasi dengan kehidupan air tawar. Pannoniasaurusmerepresentasikan ini. Skenario ini sangat serupa dengan sejarah evolusi cetacea, termasuk paus dan lumba-lumba.”

Para peneliti menduga binatang itu merupakan mosasaurus air tawar pertama dan berencana melakukan penelitian baru tentang fosil Pannoniasaurus, berharap bisa lebih banyak belajar tentang monster itu, termasuk bagaimana mereka pindah dan makan.(Antaranews)

MitraFM.com Space For Ads (650x90)
MitraFM.com Space For Ads (650x90)
close ads

Space For Ads