RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Jendela Keluarga » Resolusi Tahun Baru untuk Para Orang Tua

Resolusi Tahun Baru untuk Para Orang Tua

Resolusi Tahun baru untuk Para Orang Tua(MitraFM.com) – Resolusi tahun baru tak hanya untuk kehidupan cinta atau karier saja. Namun lebih dari itu, sebagai orangtua, Anda juga perlu membuat resolusi untuk meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik. Oleh karena itu, sebenarnya dengan memperbaiki diri, secara tak langsung hal ini akan memengaruhi anak-anak. Berikut beberapa inspirasi untuk resolusi yang harus dibuat oleh para orangtua.

1. Jangan cepat marah

Anak-anak terkadang memang nakal dan mengesalkan, akibatnya Anda jadi mudah naik darah. Di tahun ini berusahalah untuk lebih bersabar dan tidak mudah marah. Tarik napas dalam-dalam sebelum meningkatkan volume suara di hadapan anak.

2. Berhenti membanding-bandingkan diri

Semua orangtua memiliki gaya pengasuhan yang berbeda-beda. Gaya asuh teman pada anaknya belum tentu cocok dan bisa diterapkan di keluarga Anda. Lagi pula, sifat anak Anda juga beda dengan anak orang lain. Maka gaya pengasuhannya pun tidak bisa disamakan. Tahun ini, berhentilah untuk membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain, tokoh di televisi, atau dengan sosok sempurna yang Anda sebut sebagai ibu yang baik.

3. Minimalkan kata-kata “harus”

Boleh saja meminta saran tentang pengasuhan anak kepada orang lain. Namun, ini bukanlah patokan bagi Anda untuk mendidik anak. “Anak harus belajar jam tujuh”, “Anak harus tidur jam delapan”, dan aturan lain yang Anda adaptasi dari teman, artikel di media, atau sumber lainnya yang mungkin Anda anggap sempurna ini akan menjadi beban dalam hidup. Ini adalah hidup Anda dan tak ada orang lain yang bisa mengatur bagaimana Anda harus menjalankannya.

4. Jadilah model bagi anak-anak

Anda pasti ingin punya anak yang baik hati, jujur, dan pandai. Dibanding memaksa anak untuk belajar tentang nilai-nilai hidup ini, kenapa tak memberi mereka contoh? Jadilah contoh nyata dan positif bagi anak karena pada dasarnya Anak suka meniru orangtua. Sebab anak lebih memahami contoh berupa tindakan dibandingkan sekadar perkataan. Jika ingin punya anak yang rendah hati, maka jadilah seorang ibu yang rendah hati terhadap sesama.

5. Fokus pada kesehatan, bukan sekadar penampilan

Sebagai perempuan, Anda pasti ingin terlihat cantik. Hanya, ada baiknya jangan cuma memperhatikan kecantikan yang jadi patokan, tetapi juga sehat. Prioritaskan kesehatan Anda di atas segalanya karena ada si kecil yang membutuhkan Anda untuk panjang usia dengan stamina fit agar bisa membimbingnya secara maksimal.

6. Berikan waktu lebih untuk si kecil

Kalau tahun lalu Anda lebih banyak menghabiskan waktu di kantor untuk bekerja, maka tahun ini cobalah untuk memberi waktu lebih kepada si kecil. Temani mereka tidur, bersantai bersama, dan memeluk mereka. Lakukan ini sebelum Anda menyesal karena tidak bisa melakukannya lagi saat mereka sudah beranjak dewasa tanpa Anda sadari. (dnt)

Baca Juga

Belajar Sehebat al Fatih

MitraFM.com– Dari sisi keshalihannya, Muhammad Al-Fatih disebutkan tidak pernah meninggalkan tahajud dan shalat rawatib sejak ...