RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Kesehatan » Tidak Hanya Susu, Minyak Zaitun Juga Berkhasiat Jaga Kesehatan Tulang

Tidak Hanya Susu, Minyak Zaitun Juga Berkhasiat Jaga Kesehatan Tulang

mitrafm.com Tidak Hanya Susu, Minyak Zaitun Juga Berkhasiat Jaga Kesehatan TulangMitraFM.com – Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. Berbagai tahapan pengolahan memberikan beragam varietas minyak zaitun, seperti extra virgin, virgin, pure, dan pomace.

Selain sehat bagi jantung dan membantu menjaga berat badan tetap ideal, minyak zaitun ternyata juga baik untuk kesehatan tulang. Hal tersebut sudah dibuktikan lewat penelitian di Madrid University, Spanyol.

Dalam proyek penelitian yang dikerjakan selama dua tahun, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun secara rutin memiliki kadar osteocalcin yang lebih tinggi pada tubuhnya, dibandingkan dengan yang tidak. Apa itu osteocalcin?

Seperti dikutip dari Daily Mail, osteocalcin merupakan jenis protein yang diproduksi oleh sel-sel pembentuk tulang. Kadar osteocalcin yang tinggi merupakan penanda kesehatan tulang yang baik.

Selain itu, osteocalcin juga membantu mencegah resistensi insulin, yaitu kondisi dimana tubuh menjadi imun terhadap efek hormon tersebut. Selain menyebabkan diabetes, resistensi insulin juga menjadi salah satu penyebab tulang rapuh dan lemah.

Studi lainnya dari University of Athens, Athena, Yunani mengungkapkan bahwa diet yang tinggi minyak zaitun dan rendah daging merah membantu menjaga kepadatan dan kesehatan tulang pada wanita, khususnya saat usia dewasa. Kandungan antioksidan seperti phytosterol, flavonoid, dan senyawa phenolic diyakini sebagai kombinasi yang membuat minyak ini begitu bermanfaat untuk tulang yang sehat dan kuat hingga usia matang.

Minyak zaitun sebaiknya tidak melalui proses pemanasan terlalu lama karena khasiatnya bisa berkurang bahkan hilang. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, konsumsi minyak zaitun sebagai dressing untuk salad, minyak untuk menumis atau diminum langsung sekitar dua sendok per hari. (dnt)

Baca Juga

Belajar Sehebat al Fatih

MitraFM.com– Dari sisi keshalihannya, Muhammad Al-Fatih disebutkan tidak pernah meninggalkan tahajud dan shalat rawatib sejak ...