RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Kehamilan & Kelahiran » Persiapan Yang Memudahkan Persalinan

Persiapan Yang Memudahkan Persalinan

mitrafm.com Persiapan Yang Memudahkan PersalinanMitraFM.com – Beberapa wanita yang hendak menghadapi persalinan terkadang memiliki kekhawatiran yang berlebihan. Terlebih lagi ibu yang baru pertama kali menghadapinya. Masa-masa menjelang persalinan memang berbeda-beda tiap wanita, ada yang lancar ada pula yang mengalami kesulitan saat persalinannya.

Supaya tidak mengalami kepanikan saat menjelang persalinan, ada baiknya Anda melakukan beberapa persiapan untuk menghadapi persalinan. Beberapa hal yang harus dicermati untuk memperlancar persalinan antara lain:

Memilih tempat persalinan
Ada baiknya, Anda mempersiapkan tempat dimana Anda akan melahirkan pada waktu memasuki trimester ketiga. Beberapa tempat bersalin dengan berbagai rekomendasi bisa menjadi pertimbangan Anda memilih tempat bersalin. Tempat yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal, sangat disarankan untuk membantu waktu tempuh saat hendak melahirkan. Selain itu pilihan dokter juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih tempat persalinan.

Pemilihan metode persalinan
Dalam kondisi ini sangat penting adanya komunikasi antara Anda dengan dokter kandungan yang selama ini memeriksa kehamilan dari awal hingga persalinan. Pemilihan metode persalinan ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang Anda miliki. Pertimbangkan juga dari segi risiko dan efek yang akan terjadi. Melahirkan secara normal, operasi cesar maupun waterbirth semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jangan lupa untuk konsultasikan dengan pasangan Anda.

Tenaga medis
Memilih dokter kandungan, bidan atau tenaga medis lainnya sebaiknya dilakukan sejak jauh hari. ada baiknya menciptakan kesinambungan antara tenaga medis yang selama ini memantau kehamilan Anda.

Persiapkan tas bersalin
Selain mempersiapkan beberapa hal di atas, ada baiknya Anda mempersiapkan tas yang berisi barang-barang untuk persiapan persalinan, seperti pakaian untuk ibu ganti, pakaian bayi dan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan setelah melahirkan. Teliti kembali barang-barang yang akan Anda bawa jangan sampai ada barang yang tertinggal untuk kebutuhan persalinan. Masukkan barang tersebut dalam satu tas, dan taruh di tempat yang  mudah terlihat, sehingga sewaktu-waktu Anda akan melahirkan tidak perlu mencari-cari lagi di mana tas tersebut berada.

Persiapkan mental
Bukan hanya persiapan barang dan medis saja, yang harus Anda persiapkan dari awal adalah mental. Seorang ibu yang baru saja melahirkan biasanya akan mengalami ketakutan saat proses persalinan.

Untuk membuat Anda tenang, ada baiknya banyak membaca atau bertanya tentang persalinan kepada orang yang telah berpengalaman. Beberapa artikel saat ini telah banyak yang membahas tentang proses persalinan. Calon ibu yang telah bersiap menghadapi persalinan biasanya akan mengalami persalinan minim komplikasi.

Direview oleh dr. Adhiatma Gunawan dari meet doctor. (dnt)

Baca Juga

Belajar Sehebat al Fatih

MitraFM.com– Dari sisi keshalihannya, Muhammad Al-Fatih disebutkan tidak pernah meninggalkan tahajud dan shalat rawatib sejak ...