RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Kesehatan » Tips Cerdik Tolak Si Manis

Tips Cerdik Tolak Si Manis

mitrafm.com Tips Cerdik Tolak Si ManisMitraFM.com – Hasrat untuk makan makanan manis seringkali sulit untuk ditolak. Namun jika selalu dituruti, keinginan itu tentu akan menjadi masalah.

Pasalnya, makanan manis diketahui memiliki efek yang tidak terlalu “manis” bagi tubuh. Jika dimakan berlebihan, makanan manis bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung, hingga kerusakan otak.

Menurut Tina Haupert, praktisi fitnes dan kontributor The Boston Globe, upaya menekan keinginan makan manis adalah hal yang penting untuk dilakukan. Berikut Haupert menjelaskan lima cara untuk melakukannya.

1. Makan terjadwal
Artinya, kita membatasi untuk makan manis di luar jadwal yang sudah ditentukan. Misalnya dalam seminggu kita menjadwalkan makan manis hanya satu kali sehari, yaitu setelah makan malam, berarti kita tidak boleh makan apapun yang manis hingga tiba jadwal itu. Atau misalnya dalam seminggu, ada dua kali jadwal makan es krim, maka kita harus mengikutinya.

“Sebaiknya juga pilih makanan manis yang paling rendah kalori saat jadwal itu tiba, misalnya brownies almond bebas gluten yang punya 250 kalori lebih rendah,” ujar Haupert.

2. Ganti dengan buah segar
Jika keinginan makan kue, cokelat, dan camilan manis lainnya datang, cara paling praktis untuk memusnahkannya adalah dengan mengganti makanan itu dengan makanan lainnya yang lebih sehat, misalnya buah segar. Pilihlah buah segar dengan rasa manis seperti anggur, beri, dan apel.

3. Makan makanan “sungguhan”
Menurut Haupert, daripada menuruti keinginan untuk sekedar ngemil, lebih baik makan makanan yang lengkap gizinya seperti karbohidrat kompleks dengan protein dan lemak sehat. Dengan makanan yang mengenyangkan, keinginan untuk ngemil akan jauh berkurang, meskipun cara ini sebaiknya tidak selalu dapat diandalkan.

4. Tambah rasa
Penggemar makanan manis pasti belum puas saat tidak ada rasa manis dalam makanan atau minumannya. Namun dengan menambah kaya rasa makanan seperti membubuhkan kayu manis, jahe, vanila, atau almond, mungkin dapat membantu menambah kepuasan kita terhadapnya, tanpa menambahkan gula!

5. Makan di waktu yang tepat
Gunakan kesempatan makan manis di saat tubuh memang paling membutuhkannya, misalnya saat setelah berolahraga. Namun tentu jumlahnya perlu diperhatikan. Sepotong cheese cakebisa mengandung hingga 500 kalori yang setara dengan lari satu jam di treadmill. (dnt)

Baca Juga

Belajar Sehebat al Fatih

MitraFM.com– Dari sisi keshalihannya, Muhammad Al-Fatih disebutkan tidak pernah meninggalkan tahajud dan shalat rawatib sejak ...