RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Kesehatan » Yang Terbuang Sayang

Yang Terbuang Sayang

mitrafm.com-yang-terbuang-sayangMitraFM.com – Ada banyak hal yang mungkin kita belum mengetahui sisi manfaat lain dari sesuatu hal, misalnya khasiat dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang kebanyakan kita malah membuangnya. Sayur dan buah memiliki kandungan gizi yang lebih banyak di bagian tertentu. Kadang-kadang, bagian tersebut justru terabaikan dan hanya dibuang karena dianggap sampah.

Beberapa bagian pada sayur dan buah yang memiliki kandungan gizi paling tinggi namun banyak terabaikan adalah sebagai berikut seperti dikutip dari Huffingtonpost, Senin (3/3/2014).

1. Kulit apel
Senyawa antioksidan yang disebut quercetin banyak terkandunga dalam kulit apel. Manfaatnya beragam, mulai dari menjaga fungsi paru-paru hingga otak. Kulit apel juga memiliki lebih banyak serat dan vitamin, dibandingkan yang terdapat pada daging buahnya.

2. Kulit jeruk
Sebuah penelitian tahun 2004 menunjukkan, senyawa dalam kulit jeruk dan buah-buahan sitrus lainnya punya efek penurun kolesterol yang lebih kuat dibanding obat apapun. Senyawa tersebut adalah polymethoxylated flavones, yang juga memiliki efek perlindungan bagi jantung.

3. Kulit semangka
Daging buah semangka mengandung asam amino yang disebut L-citrulline, yang bisa meningkatkan kekuatan serta meredakan nyeri otot. Senyawa yang juga menurunkan kadar nitrogen dalam darah itu ditemukan juga pada kulit semangka, yang biasanya hanya dibuang sebagai sampah.

4. Kulit kentang
Kentang jelas punya banyak kandungan gizi yang bermanfaat. Namun bicara soal serat, kandungan paling banyak justru terdapat pada kulitnya. Kulit kentang juga mengandung vitamin B, C, zat besi, kalsium, dan kalium. Tentunya tidak perlu secara khusus mengonsumsi kulit kentang, cukup dengan tidak mengupasnya saat memasak.

5. Biji labu
Kabar baik bagi penggemar kuaci buah labu. Setengah cangkir biji labu mengandung lebih dari asupan magnesium harian yang dianjurkan. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk mencegah masalah jantung, osteoporosis, dan sakit kepala. Biji labu juga mengandung besi dan protein, juga fitosterol yang bisa menangkal kolesterol. (dnt)

Baca Juga

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

MitraFM.com – Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi. Torehan prestasi menjadi ...