RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Anak » Jika Anak Mengompol

Jika Anak Mengompol

mitrafm.com jika anak mengompolMitraFM.com – Jika anak mengompol, seringkali kali kita mengeluh karena bisa jadi bila anak-anak mengompol tidak peduli waktu dan tempat. Mengompol sepertinya sudah menjadi hal yang sangat wajar dialami oleh anak-anak. Dalam bahasa kedokteran mengompol sering disebut dengan enuresis. Walaupun mengompol sudah bukan menjadi sesuatu yang aneh lagi, tapi mengompol kadang kala dapat membuat orangtua marah dan kesal.

Hal itu disebabkan karena mengompol seringkali dianggap sebagai sesuatu yang bisa ditolerir sehingga membuat kebiasaan buruk tersebut dapat menimbulkan tindakan implusif yang serupa dengan hukuman untuk si anak secara fisik atau pun memojokkannya sebagai hukuman secara mental.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya agar anak Anda tidak lagi mengompol, seperti berikut ini:

1. Kelelahan fisik
Hampir semua anak memiliki kegemaran yang sama, yaitu bermain yang menggunakan fisik sehingga kerap kali membuat anak kelelahan. Nah, karena hal itu pada malam hari dia akan tertidur lelap dan ketika tubuhnya ingin membuang air, anak tak sempat bangun untuk ke kamar hingga membuat ia mengompol.

2. Emosi anak
Saat si anak merasa tertekan dengan kondisi rumah, seperti adanya adik baru, pindah tempat tinggal dan lain sebagainya. Hal itu dapat emosi si kecil tidak stabil dan anak akan lebih sering mengompol.

3.    Faktor lingkungan
Saat udara dan cuaca dingin maka anak akan lebih sering buang air kecil. Kondisi tersebut sebenarnya merupakan cara tubuh si anak mengantisipasi suhu dingin di sekitarnya.

Itulah beberapa penyebab kenapa anak sering mengompol. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah anak agar tidak lagi mengompol, antara lain:

1.    Saat anak Anda sedang merasa tertekan, Anda sebaiknya dapat memperbaiki kualitas komunikasi dengannya. Anda diharuskan untuk lebih peka bagaimana kondisi emosional anak saat itu. Setelah itu berikanlah penjelasan serta solusi yang baik sehingga membuat anak lebih merasa nyaman.

2.    Hindari terlalu banyak minum, terlebih lagi dengan minuman dingin sebelum anak Anda tidur merupakan salah satu solusi yang terbaik untuk mencegah anak mengompol.

3.    Karena kebiasaan mengompol anak, Anda pasti sudah mengetahui jam-jam dia mengompol. Nah, saat jam-jam tersebut bangunkanlah anak untuk ke toilet. Minta anak untuk tetap ke kamar mandi meski belum tentu ada rasa ingin pipis. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan kepekaan anak terhadap alarm tubuh. (dnt/yahoo)

Baca Juga

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

MitraFM.com – Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi. Torehan prestasi menjadi ...