RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Mitra Update » Mari Bergerak

Mari Bergerak

mitrafm.com mari bergerakMitraFM.com – Mari bergerak karena segudang manfaat dapat diperoleh dengan rutin bergerak. Olahraga tak dipungkiri mendatangkan banyak keuntungan bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, berat badan terjaga ideal. Lemak tubuh terbakar dengan maksimal dan racun-racun di dalam tubuh keluar melalui keringat. Tak harus ke gym  atau meluangkan waktu khusus untuk berolahraga, yang penting tubuh terus bergerak.

Bergerak membuat badan terasa lebih fresh , menghilangkan stres, menguatkan otot, menormalkan tekanan darah, mengurangi risiko osteoporosis, serta membantu tidur nyenyak di malam hari. Fungsi otak juga semakin meningkat. Artinya, daya ingat kita menjadi semakin tajam.

Semua manfaat tersebut bisa didapat jika rutin melakukannya dengan porsi yang pas. Pahami kondisi tubuh, usia 20-an tentu berbeda treatmentnya dengan usia 40-an. Apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu. Asupan makanan dan minuman juga perlu diperhatikan. Konsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang tepat sesuai kebutuhan.

Sayangnya, terkadang setumpuk berkas kantor atau keinginan berleyeh-leyeh lebih lama di depan televisi membuat malas bergerak. Yuk, lakukan aktivitas ringan berikut untuk mendapat manfaat maksimal.

  1. Memilih naik turun tangga ketimbang menggunakan lift.
  2. Bosan menu makanan di kantin kantor? Tak ada salahnya menjajal tempat makan baru. Berjalan kakilah jika jaraknya memungkinkan untuk ditempuh. Selain mendapat sensasi kuliner baru, tubuh pun lebih bugar.
  3. Putar lagu kesukaan Anda, pilih yang berirama riang. Gerakan tubuh mengikuti irama hingga tak terasa keringat bercucuran. Ajaklah Si Kecil atau pasangan tentu tambah menyenangkan.
  4. Berlama-lama di depan layar komputer di kantor tentu membuat penat. Pinggang terasa kaku dan pegal. Bahayanya lagi, bisa berakibat obesitas. Coba hentikan sejenak. Lakukan gerakan-gerakan ringan mulai dari wajah, leher, pundak, lengan, pinggang hingga kaki. Lakukan setiap beberapa jam sekali selama 5-10 menit.
  5. Bersepeda ke kantor. Mengapa tidak? Apalagi saat ini banyak komunitas bersepeda yang bisa diikuti. Selain menyehatkan, bersepeda juga mengurangi polusi.
  6. Di area parkir kantor, parkirlah kendaraan Anda sedikit lebih jauh sehingga memungkinkan Anda punya waktu berjalan kaki ke kantor.
  7. Membersihkan rumah tak melulu tugas asisten rumah tangga. Kegiatan menyapu, mengepel, membersihkan kamar mandi juga membantu membakar kelebihan kalori dan membentuk otot tubuh bagian atas.
  8. Dorong stroller  Si Kecil berkeliling komplek rumah sambil menghirup udara pagi yang menyegarkan.
  9. Berkebun. Selain menyalurkan hobi, bisa membuat tubuh sehat dengan bergerak.
  10. Memberikan kejutan pasangan lewat masakan buatan sendiri. Siapkan semua sendiri dari mulai berbelanja, mengolah makanan hingga mencuci perabot memasak bekas pakai.

Setara Olahraga

Aktivitas sehari-hari yang dilakukan di rumah ternyata nilainya setara dengan olahraga. Apa saja itu?

Mencuci Piring
Meski terlihat sederhana mencuci piring ternyata mampu membakar 160 kalori, ini hampir sama dengantreadmill selama 20 menit.

Membersihkan Kamar Mandi
Menyikat lantai kamar mandi dan bathtub  sama dengan membuang 200 kalori. Jika 100 kalori yang terbuang setiap hari bisa menurunkan badan setengah kilo per bulan, maka 200 kalori yang terbuang setiap hari akan menurunkan berat badan satu kilo per bulan.

Menyetrika Pakaian
Menyetrika pakaian setara dengan membuang 70 kalori. Tak hanya itu gerakan menyetrika pakaian juga bermanfaat membentuk otot tubuh bagian atas.

Menyapu
Menyapu lantai selama 30 menit sama dengan membakar 130 kalori atau setara dengan bersepeda selama 10 menit.

Memotong Rumput dengan Tangan
Nilainya sama dengan membuang 215 kalori atau jalan kaki selama 30 menit. (dnt/nova)

Baca Juga

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

MitraFM.com – Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren. Tantangan yang sangat kasat mata bagi umat Islam saat ini adalah ...