RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Berita Nusantara » Kontingen Garuda Bhayangkara Berangkat ke Sudan

Kontingen Garuda Bhayangkara Berangkat ke Sudan

mitrafm.com Kontingen Garuda Bhayangkara Berangkat ke SudanMitraFM.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberangkatkan dua kontingen Garuda Bhayangkara untuk bergabung dengan misi pemeliharaan perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Darfur, Sudan dan Sudan Selatan.

“Ini merupakan perwujudan komitmen Polri terhadap tujuan nasional menciptakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial seperti ditegaskan dalam Undang-Undang Kepolisian,” kata Kepala Polri Jenderal Pol Sutarman di Jakarta, Jum’at.

Kontingen Garuda Bhayangkara yang terdiri atas delapan polisi pria dan enam polisi perempuan akan bergabung dengan United Nations Mission in Darfur (UNAMID) di Sudan sedang kontingen yang terdiri atas 10 polisi pria akan bergabung dengan United Nations Mission in South Sudan (UNMISS) di Sudan Selatan.

Sutarman mengatakan ke-32 polisi itu selama masa penugasan satu tahun akan bergabung dalam misi multidimensional PBB.

“Mereka akan bertugas pokok untuk mendukung operasional serta reformasi dan restrukturisasi kepolisian lokal,” jelasnya.

Para polisi itu, menurut dia, antara lain kegiatan patroli, pelatihan dan pendampingan kepolisian lokal, serta perumusan kebijakan pengembangan institusi penegak hukum di negara penerima misi.

Sebelum berangkat untuk mengikuti misi, ia menjelaskan, kontingen Garuda Bhayangkara telah menjalani berbagai seleksi, baik yang diselenggarakan oleh Polri maupun oleh PBB, serta pelatihan pra-penempatan dengan materi standar yang ditetapkan oleh PBB.

Materi pelatihan pra-penempatan dari PBB, kata dia, meliputi pelatihan mengemudi, pelatihan kemampuan pemecahan masalah, pendalaman materi mengenai hak asasi manusia, dan manajemen pengendalian stress.

Polri mulai bergabung dengan misi UNAMID pada 2008 dan berpartisipasi dalam misi perdamaian UNMISS sejak kemerdekaan Sudan Selatan pada 10 Juli 2011. (dnt/antara)

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...