RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Mitra Update » Tips Menyimpan Bahan Makanan

Tips Menyimpan Bahan Makanan

mitrafm.com Tips Menyimpan Bahan MakananMitraFM.com – Bahan makanan sebaiknya disimpan dengan cara yang tepat dan cermat. Dengan demikian, tak hanya mutu dan gizinya terjaga, dapur Anda pun menjadi rapi dan mudah diatur.

Rempah-rempah
Pastikan simpan semua rempah di wadah tertutup lalu letakkan di area sejuk dan kering, dan beri label agar memudahkan Anda. Disimpan pada suhu 25 derajat celcius. Apabila disimpan pada suhu kamar, maka rak sebaiknya tidak menempel dinding dan tidak menempel lantai.

Tepung 
Dalam wadah yang tertutup, tepung dapat bertahan selama 6-9 minggu. Karena kandungan minyak yang lebih tinggi, tepung gandum utuh memiliki daya tahan lebih singkat dibandingkan dengan jenis tepung lainnya.  Jika tak sering digunakan, simpan tepung terigu di kulkas, tapi bungkus terlebih dahulu dengan kantong plastik dan ikat rapat. 

Gula
Gula umumnya bisa bertahan tanpa batasan waktu, namun penyimpanannya harus pada wadah kedap udara untuk mencegah kelembapan.

Garam 
Garam memiliki masa simpan yang tidak terbatas asalkan disimpan dalam wadah tertutup untuk mencegah kelembapan.

Minyak 
Minyak goreng sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk. Secara umum, daya simpan minyak goreng (minyak kelapa) yang telah dibuka kemasannya adalah 6-9 bulan pada suhu ruangan. Sebelum digunakan, pastikan minyak tidak berubah rasa menjadi tengik.

Madu 
Madu juga memiliki masa simpan tanpa batas asalkan dimasukkan ke wadah tertutup dan cukup berada di tempat sejuk. Simpan dalam wadah kaca. Jangan memindahkan madu ke dalam wadah logam atau plastik, sebab asam pada madu bisa bereaksi menjadi racun. 

Bawang merah dan bawang putih
Simpan bawang merah dan putih di tempat yang gelap dan sejuk. Namun jangan simpan di kulkas, sebab kedua bawang ini bisa membusuk jika berada di sana.

Jamur
Bungkus jamur dengan kertas, bukan plastik. Karena jamur suka ‘berkeringat’ dan bisa busuk jika disimpan dalam kantung plastik.

Beras 
Jaga suhu tempat penyimpanan beras, jangan terlalu panas atau lembab. suhu yang tak stabil memicu bau apek dan petumbuhan serangga. Maka, belilah persediaan beras secukupnya agar tak tersimpan terlalu lama.

Mentega, Saus dan Selai
Jenis bahan makanan ini tak membutuhkan pendingin untuk memperpanjang usia pakainya. Di simpan dalam suhu ruangan pun akan memudahkan Anda dalam penggunaan sehari-hari.

Kacang-kacangan
– Makanan ini bisa bertahan hingga 3-6 bulan di dalam kulkas.
– Suhu penyimpanan untuk kacang-kacangan, tepung, biji-bijian sebaiknya pada suhu 25 derajat celcius. (dnt/ayahbunda)

Baca Juga

Kenikmatan Dibalik Kenikmatan

MitraFM.com– Tak ada kenikmatan melebihi nikmat iman. Sangat beruntung orang-orang beriman karena dengan imannya ia ...