RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Anak » 5 Hal yang Hendaknya Diajarkan Pada Anak

5 Hal yang Hendaknya Diajarkan Pada Anak

mitrafm.com 5 Hal yang Hendaknya Diajarkan Pada AnakMitraFM.com – 5 Hal yang Hendaknya Diajarkan Pada Anak. Ketika anak mulai tumbuh dan berkembang, mereka akan membutuhkan banyak keterampilan. Namun, beberapa faktor dapat memengaruhi pemikiran anak dalam menerima informasi dari lingkungan.

Karenanya, peran orangtua sangat penting untuk menanamkan kebiasaan tertentu pada anak-anak, agar mereka dapat memelajari keterampilan dengan baik. Berikut keterampilan yang perlu Anda ajarkan kepada anak.

Mengenal dan Beribadah pada Rabbnya.

Anak-anak tentu gemar bertanya hal-hal yang mungkin aneh di telinga kita, semisal mengapa saya dilahirkan, mengapa saya ada, saya yang membuat saya. Maka sejak dini perlu ditanamkan pendidikan agama pada anak serta konsekuensi ibadah, agar kelak seiring bertambahnya usia, anak akan terbiasa dalam beribadah dan semakin meningkat kualitas spiritualnya.

Karena tak disangkal, informasi dan kebiasaan lingkungan sekitar saat ini, banyak yang tak mengajarkan pendidikan agama kepada anak, melainkan sedikit. maka peran besar orangtua dalam mendidik anak menegnal dan beribadah kepada Rabbnya sangatlah diperlukan.

Berpikir dan bertindak

Hal ini merupakan keterampilan kunci yang harus dipelajari setiap anak-anak. Oleh karena anak-anak mudah dipengaruhi, maka orangtua perlu mengajarkan kepada mereka untuk belajar berpikir sendiri.

Belajar bertanggungjawab

Anak perlu diajarkan untuk bertanggungjawab, meskipun dalam artian bukan seperti orang dewasa. Mengajarkan anak-anak untuk bertanggungjawab atas tindakannya akan membantunya membuat keputusan terbaik kelak nanti dewasa.
 
Belajar hadapi hambatan

Mungkin ini keterampilan yang paling perlu diajarkan kepada anak, yaitu belajar menghadapi hambatan. Hidup ini penuh rintangan, karenanya sangat penting mengajarkan kepada anak bagaimana cara menghadapi tantangan sehingga mereka lebih kuat dan tenang.
 
Berhenti mengeluh

Anak-anak harus diajarkan menahan diri dan berhenti mengeluh. Sebagai orangtua, Anda harus memastikan bahwa anak tidak mengeluh yang tidak rasional. Oleh karena itu, anak-anak juga harus diajarkan bagaimana menghargai hal-hal terkecil dalam hidup. (ikr/okezone-mitrafm)

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...