RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Mitra Update » Test Pack untuk Deteksi Kandungan Babi dalam Makanan

Test Pack untuk Deteksi Kandungan Babi dalam Makanan

mitrafm.com Test Pack untuk Deteksi Kandungan Babi dalam MakananMitraFM.com – Test Pack untuk Deteksi Kandungan Babi dalam Makanan. Tak mudah mengetahui kehalalan makanan, terutama di negara-negara nonmuslim. Kita jadi mengandalkan kejujuran si penjual karena tes laboratorium tak praktis diterapkan. Namun kini ada alat mirip uji kehamilan yang bisa mendeteksi kandungan babi dalam makanan.

Jean-Francois Julien dari Prancis dan Abderrahmane Chaoui asal Aljazair menciptakan ‘HalalTest‘. Menurut berita yang dilansir Reuters (23/10/2014), alat yang diproduksi perusahaan Capital Biotech ini terdiri dari strip dan tabung kecil.

Cara menggunakannya, sampel makanan dicampur dengan air hangat di dalam tabung, lalu strip dimasukkan. Hasilnya akan muncul dalam beberapa menit. Satu garis berarti tak ada jejak babi, sedangkan dua garis berarti positif mengandung babi.

Ide ini muncul di kampus dua tahun lalu saat skandal makanan beku yang mengandung daging kuda dijual sebagai makanan berbahan daging sapi merebak di Eropa. Sebelumnya, Julien telah mengembangkan tes untuk penderita intoleransi makanan atau alergi yang lebih serius.

Chaoui menyarankan agar Julien tak hanya fokus ke alergi dan intoleransi makanan, tapi juga diversifikasi ke protein hewan. “Saat itulah kami mendapat ide untuk mengembangkan antibodi spesifik untuk DNA babi,” kata Julien.

Capital Biotech berpendapat bahwa tak ada tes lain yang memungkinkan pengguna akhir menganalisis kandungan produk makanan semudah dan semurah HalalTest. Alat yang akurasinya mencapai 99% tersebut dijual dengan harga 6.90 euro (Rp 106.570) per unit. HalalTest-pun akan segera dijual secara online. Capital Biotech mengklaim bahwa sudah ada preorder10.000 unit dalam waktu 24 jam setelah diluncurkan pada Rabu (22/10/2014).

Muslim Prancis yang berjumlah 5 juta jiwa atau 8% dari total populasi tertarik dengan HalalTest. “Dengan ini kami bisa mengetahui apakah ada kandungan babi di dalam makanan, kosmetik, atau obat,” ujar staf supermarket halal Hal’City, Mohamed Hatmi.

Meski demikian, Capital Biotech mengaku tak ada tes yang bisa menunjukkan bahwa sebuah makanan benar-benar halal. Sebab, selain tak boleh mengandung babi dan alkohol, hewan harus disembelih dengan menyebut nama Tuhan dan dengan metode yang benar.

Julien dan Abderrahmane juga telah meluncurkan alat untuk menguji kandungan alkohol dan mengembangkan beberapa tes lain yang mereka yakini dapat menarik jutaan penderita intoleransi makanan.

Menurut Thomas Nenninger, salah satu pendiri Capital Biotech, tes yang dikembangkan salah satunya untuk mendeteksi protein susu sapi. Sementara itu, tes lain digunakan untuk melacak jejak gluten dalam makanan bagi orang-orang intoleransi gluten atau mengidap penyakit celiac. (ikr/detikfood)

Baca Juga

Kenikmatan Dibalik Kenikmatan

MitraFM.com– Tak ada kenikmatan melebihi nikmat iman. Sangat beruntung orang-orang beriman karena dengan imannya ia ...