RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Berita » Berita Mancanegara » Dewan Fatwa Malaysia: Haram Rayakan Halloween

Dewan Fatwa Malaysia: Haram Rayakan Halloween

mitrafm.com Dewan Fatwa Malaysia: Haram Hukumnya Rayakan HalloweenMitraFM.com – Kualalumpur. Dewan Fatwa Malaysia: Haram Hukumnya Rayakan Halloween. Dewan Fatwa Malaysia menyatakan haram bagi umat Islam ikut merayakan Halloween. Pertimbangannya, perayaan itu tidak sesuai dengan ajaran Islam.

“Sangat jelas Halloween bertentangan dengan nilai-nilai syar’i,” demikian pernyataan resmi Dewan Fatwa Malaysia, seperti dilansir Alarabiya.net, Kamis (30/10).

Dewan Fatwa Malaysia juga menegaskan Halloween merayakan orang yang telah meninggal. “Ini yang tidak bisa dirayakan umat Islam. Yang benar, untuk mengenang mereka yang telah meninggal dianjurkan memanjatkan doa atau membaca Alquran,” kata Dewan Fatwa Malaysia.

Asal Mula Perayaan Halloween
Nah seperti apa sebenarnya perayaan Halloween ini? Dan kenapa dirayakan pada malam 31 Oktober setiap tahunnya? Dikutip dari wikipedia, kata Halloween pertama kali digunakan di abad ke-16. Kata ini merupakan varian dari kata Skotlandia yaitu All Hallows ‘Eve. Sejarawan Nicholas Rogers, yang meneliti asal-usul Halloween, mencatat Halloween berasal dari pesta Romawi untuk menghormati dewi Pomona, dewi buah-buahan dan biji-bijian.

Perayaan ini sering dikaitkan dengan festival “Samhain” dari bangsa Celtic. Kata Samhain berasal dari bahasa Irlandia Lama yang berarti “akhir musim panas”, yang menandai berakhirnya musim panen dan awal musim dingin.

Di Irlandia, orang pergi sebelum malam tiba untuk mengumpulkan makanan untuk pesta Samhain dan kadang-kadang mengenakan kostum saat melakukannya. Halloween juga diduga dipengaruhi hari-hari suci umat Kristen dari All Saints ‘Day yang dirayakan setiap 1 November.

Ini adalah hari perayaan untuk menghormati orang-orang kudus dan hari untuk berdoa bagi yang baru meninggal. Hari All Saints diperkenalkan tahun 609, namun pada awalnya dirayakan pada 13 Mei. Pada 835, harinya beralih ke tanggal 1 November atas perintah Paus Gregorius IV.

Dulu, Gereja Kristian merayakan peringatan hari ”All-Saints” atau ”All-Hallows” pada siang hari 31 Oktober, dan pada malamnya mereka merayakan ”Hallows-Eve” (Malam Suci/Keramat) atau ”Halloween”. Umat Kristen mengadopsi beberapa warisan pagan dengan tetap meyakini bahwa pada malam tersebut, orang-orang mati berjalan diantara mereka dan para penyihir terbang berseliweran di tengah-tengah mereka.

Jadi, perayaan hari Halloween sebenarnya adalah perpaduan perayaan kaum pagan dan Kristen, yang dipenuhi dengan ritual penyembahan kepada roh dan setan. (ikr/republika)

Baca Juga

Kenikmatan Dibalik Kenikmatan

MitraFM.com– Tak ada kenikmatan melebihi nikmat iman. Sangat beruntung orang-orang beriman karena dengan imannya ia ...