RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Kesehatan » Pusing Tiba-tiba Saat Mengetik atau Membaca di Kendaraan? Ini Sebabnya

Pusing Tiba-tiba Saat Mengetik atau Membaca di Kendaraan? Ini Sebabnya

mitrafm.com Pusing Tiba-tiba Saat Mengetik atau Membaca di Kendaraan, Ini SebabnyaMitraFM.com – Saat bepergian, selain mabuk perjalanan, kondisi kepala pusing juga bisa dialami seseorang ketika melakukan suatu kegiatan. Sebut saja mengetik, membaca, atau bermain games justru bisa membuat kepala pening ketika di kendaraan.

Diutarakan dr Meta Hanindita dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, saat bekerja mengetik, menulis, atau membaca, terkadang seseorang terus-terusan dalam satu posisi. Hal ini menurut dr Meta tak hanyaterjadi ketika berkendara tetapi juga saat di kantor atau meja kerja.

“Demikian pula dengan letak kepala, pusing bisa disebabkan karena ketegangan dan kekakuan otot leher karena terlalu terpaku di satu posisi tubuh,” tutur dr Meta, Rabu (26/11/2014).

“Sementara melakukan aktivitas di mobil bisa juga membuat pusing. Hal ini disebut dengan motion sickness. Motion sickness terjadi karena adanya ketidaksinkronan antara apa yang kita lihat dengan apa yang dirasakan oleh sistem vestibular,” lanjut ibu satu anak ini.

Dicontohkan dr Meta, misalkan saja ketika seseorang bepergian menggunakan kapal, pergerakan kapal akan dirasakan sistem vestibular. Tetapi, mata justru tidak melihat pemandangan yang bergerak melainkan hal lain yang tidak bergerak, seperti dinding kapal.

“Nah, sistem vestibular itu yang mengatur keseimbangan. Karena informasi yang diterima otak tidak sinkron, kondisi inilah yang bisa membuat keseimbangan terganggu sehingga saat melakukan kegiatan di kendaraan, kita bisa merasa pusing atau mual,” kata dr Meta.

Jika sering merasakan pusing saat melakukan aktivitas di mobil, sebaiknya hindari membaca, mengetik, atau menatap gadget saat berkendara. Lebih baik alihkan aktivitas dengan mendengarkan musik atau memandang kondisi sekitar selama di perjalanan supaya area pandang mata lebih luas. (ikr/detik)

Baca Juga

Makanan Pokok untuk Suku Anak Dalam

Makanan Pokok untuk Suku Anak Dalam

MitraFM.com – Makanan Pokok untuk Suku Anak Dalam. Hidup seperti orang pada umumnya tentu pilihan yang tidak ...