RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Parenting » Jendela Keluarga » Bekal Ilmu Sebelum Menikah

Bekal Ilmu Sebelum Menikah

mitrafm.com Bekal Ilmu Sebelum MenikahMitraFM.com – Bekal Ilmu Sebelum Menikah. Mencari bekal ilmu tidak semata-mata hanya ketika akan mengerjakan sesuatu hal, namun jauh sebelumnya kita pelajari agar kelak mampu mengerjakan hal tersebut. Bukan mengerjakan hal tersebut lalu kemudian mencari ilmunya, bisa saja namun akan berbeda rasanya bila kita memiliki persiapan yang matang yakni bekal ilmu.

Seperti halnya sebelum Anda mendapatkan SIM sehingga layak membawa kendaraan, tentu Anda harus belajar nyetir dan memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di jalan agar tidak membahayakan diri dan orang lain. Begitu pun dengan pernikahan. Sebelum menikah, Anda juga sebaiknya mempelajari empat hal ini.

1. Mengatur emosi
Anak kecil biasanya mudah marah, berteriak, bahkan menggigit temannya. Orang dewasa sebaliknya, kebanyakan hidup dalam zona tenang. Kabar baiknya adalah orang dewasa yang sering emosional, bisa belajar bagaimana mengatasi dan menenangkan dirinya.

Jika Anda sering berbicara dengan nada tinggi atau marah-marah lebih dari sekali dalam beberapa bulan, atau Anda sering sangat marah sehingga ucapan dan perilaku Anda menyakiti orang lain, mengatur emosi adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum berjanji sehidup semati.

2. Komunikasi
Berbicara dengan bijaksana, terutama menyangkut topik yang membuat kesal, dan juga belajar mendengarkan, adalah hal yang penting dalam pernikahan. Mengatakan sesuatu tetapi dengan cara mengkritik, komplain, atau menyindir, akan membawa banyak masalah dalam pernikahan. Sifat terlalu cuek, mengabaikan, bahkan tidak menganggap penting, omongan pasangan juga sebaiknya tidak dibawa dalam pernikahan.

3. Resolusi konflik
Setiap pasangan memiliki perbedaan. Pasangan yang sukses tahu bagaimana memulai dengan “cara saya” menjadi “cara kami” yang bisa diterima kedua belah pihak. Memiliki satu suara sangat penting, bahkan dalam perbedaan sederhana seperti memilih acara di tivi atau yang sangat serius seperti akan tinggal di mana, serta bagaimana mengatur uang.

4. Sikap positif
Setiap kali Anda berbagi senyuman, tertawa mendengar lelucon yang dilontarkan pasangan, mengekpresikan rasa terima kasih, atau setuju dengan komentar pasangan, sebenarnya Anda sedang membangun sikap positif dalam hubungan. Makin sering Anda berdua saling mengembangkan sifat itu, makin kokoh perkawinan Anda.

Kunci pernikahan yang sukses adalah persiapan. Ingatlah bahwa pernikahan bukan untuk satu hari, tetapi semoga selamanya. Berbagai penelitian menunjukkan, pasangan yang mau belajar keterampilan tersebut lebih berbahagia. Karena itu jangan hanya menghabiskan energi untuk menyiapkan pesta pernikahan, tapi juga pastikan Anda sudah memiliki keterampilan tersebut. (ikr/kompas)

Baca Juga

Pengobatan Gratis & Sembako Warga Negeri di Atas Awan

Pengobatan Gratis & Sembako Warga Negeri di Atas Awan

MitraFM.com – Pengobatan Gratis & Sembako Warga Negeri di Atas Awan. Baitul Maal Hidayatullah (BMH) terus bergerak ...