RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Kesehatan » SuperMom Dambaan Keluarga

SuperMom Dambaan Keluarga

SuperMom dambaan umat
SuperMom dambaan keluarga

MitraFm.com-SuperMom Dambaan Keluarga. Bunda, sering merasa lelah dengan pekerjaan rumah tangga? Memang, pekerjaan rumah tangga bagi seorang ibu seperti tidak ada habisnya. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi ada saja yang harus dikerjakan seorang bunda. Apalagi bagi bunda yang punya balita, harus sering terbangun di sela-sela tidur malamnya karena si buah hati minta ASI atau ganti popok. Namun, dengan melakukan semuanya ikhlas lillahita’ala, In sya Allah ada ratusan, ribuan, jutaan, bahkan tak terhingga pahala yang disediakan Allah untuk bunda.

Maka bagi seorang bunda, melaksanakan semua tugas kerumahtanggan dalam kondisi sehat dan bugar adalah nikmat yang luar biasa. Bunda pun harus menjaga kebugaran tubuhnya agar tetap sehat dalam perannya sebagai ibu. Menjalankan pola hidup sehat seperti makan-makanan yang bergizi, berolahraga, tidak stress, dan rutin beribadah kepada Allah adalah hal yang harus dilakukan seorang bunda untuk senantiasa sehat.

Memasak makanan yang bergizi untuk konsumsi keluarga merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan karena makanan dan minuman merupakan sumber penyakit jika kita mengkonsumsi berlebihan, terutama yang berlemak. Perbanyak sayuran dan buah-buahan fresh dan kurangi makanan berlemak. Jika Bunda ingin si buah hati cerdas, ikan menjadi konsumsi wajib karena kandungan Omega 3 yang tinggi dalam ikan mampu memicu kecerdasan otak. Apalagi jika Bunda hamil, mengkonsumsi ikan bisa menstimulasi intelektualitas janin.

Berolahraga pun tidak harus keluar rumah. Aktivitas kerumahtanggan bisa menjadi aktivitas fisik yang baik bagi tubuh. Bunda juga bisa berolah raga di dalam rumah dengan menggabungkan aktivitas rumah tangga dengan olahraga. Misalnya: memasak, mencuci piring sambil berjinjit, atau berlari-lari kecil ketika mengambil sesuatu dari satu tempat ke tempat lainnya. Bisa juga menggunakan waktu luangnya di rumah untuk senam sendiri. Nah kan Bunda, ternyata tanpa disadari semua aktivitas kerumahtanggan bisa jadi sarana kita memperoleh jiwa yang sehat, dengan pengelolaan waktu yang baik dan istirahat yang cukup.

Bunda juga harus mengkondisikan otak agar tidak stress. Stress bisa timbul karena terlalu seringnya otak diajak berpikir berat dan menjadi pemicu utama hadirnya penyakit. Ibu rumah tangga memang banyak yang harus dipikirkan, namun Bunda harus rileks dengan bersantai sejenak atau hal lain yang bisa membuat otak ringan dan fresh. Tertawa bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan stress asal tidak berlebihan.

Faktor yang tidak kalah penting untuk menunjang kesehatan adalah beribadah kepada Allah dengan sholat, puasa, tilawah (membaca ayat suci Al-Qur’an), dan lain sebagainya. Melalui sebuah penelitian, gerakan-gerakan dalam sholat ternyata terbukti baik bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya sholat, puasa pun merupakan aktivitas ibadah yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk organ tubuh kita. Namun, beribadah kepada Allah tidak hanya baik bagi kesehatan jasmani tubuh kita. Beribadah kepada Allah bisa membuat kita lebih tenang, tidak mudah gelisah, dan tidak mudah stress. (Choirin-Asma’/SAPA BUNDA)

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...