RADIO MITRA 97 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Kampungladu, Sidomulyo - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur 65317 - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Muliakan Diri dengan Bekerja

Muliakan Diri dengan Bekerja

imagesMitraFM.com – Muliakan Diri dengan Bekerja- Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Rasulullah shallallhu ‘alaihi wa sallam.

Keluarga Mitra,bekerja mencari nafkah adalah sebentuk memuliakan diri. Ya, memuliakan diri dengan tidak menjadi beban bagi orang lain dan terhindar dari meminta-minta.
Rasulullah bersabda : “Seseorang yang membawa tali lalu pergi mencari dan mengumpulkan kayu bakar, lantas dibawanya ke pasar untuk dijual dan uangnya digunakan untuk mencukupi kebutuhan dan nafkah dirinya, itu lebih baik dari seorang yang meminta-minta kepada orang -orang yang terkadang diberi dan kadang ditolak.” ( HR. Bukhari dan Muslim )

Seorang salaf ash shalih Abdullah bin Al-Mubarak, dikenal sebagai pedagang yang tangguh berkata : “Sesungguhnya aku melakukan itu (bekerja/berdagang) hanya untuk menjaga mukaku (dari kehinaan meminta-minta), memuliakan kehormatanku (agar tidak menjadi beban bagi orang lain), dan menggunakannya untuk membantuku dalam ketaatan kepada Allah.”
Mendengar ungkapan itu, seorang sahabatnya Al-Fudhail bin ‘Iyadh berkata : “Wahai Abdullah bin Al-Mubarak, alangkah mulianya tujuanmu itu jika semuanya benar-benar terbukti.”

Keluarga Mitra,tak ada alasan untuk malas. Terlebih seorang suami bekerja untuk menafkahi keluarga. Sungguh sangat beruntung mereka (suami) yang bersungguh-sungguh memberi nafkah halal bagi keluarganya. Pahala besar menantinya. Kemuliaan bagi mereka yang berpagi-pagi mencari riski untuk keluarganya.
Seorang salaf ash shalih berkata : “Fajar adalah lambang kehidupan, lambang masa muda, tanda aktivitas, ciri kebenaran dan keadilan, dan waktu ini paling strategis karena hawa masih segar dan Allah membagi rizkiNya di waktu fajar.”

Keluarga Mitra,ada nilai sedekah atas nafkah yang kita berikan kepada keluarga.
Rasulullah bersabda : “Harta yang dikeluarkan sebagai makanan untukmu dinilai sebagai sedekah untukmu. Begitu pula makanan yang engkau beri pada anakmu, itu pun dinilai sedekah. Begitu juga makanan yang engkau beri pada istrimu, itu pun bernilai sedekah untukmu. Juga makanan yang engkau beri pada pembantumu, itu juga termasuk sedekah.” (HR. Ahmad)

Sungguh, ketahuilah bahwa bekerja mencari nafkah bukan semata-mata urusan dunia. Bukan semata-mata untuk meraih kekayaan. Bukan. Lebih dari itu bekerja mencari nafkah berdimensi ibadah. Ya, selama bekerja halal dan didorong oleh semangat menjalankan perintah dan syariat-Nya. Semoga Allah limpahkan kepada kita riski halal nan barakah. Aamiin. Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

Baca Juga

Ini Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Keliling Indonesia Sekarang

Ini Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Keliling Indonesia Sekarang

Bercita-cita keliling dunia? Keinginan itu bukanlah sebuah hal yang salah. Tapi sebelum mewujudkan keliling dunia, ...