RADIO MITRA 97 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Kampungladu, Sidomulyo - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur 65317 - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Belajar Kepada Umar

Belajar Kepada Umar

umar 2MitraFM.com– Saudaraku,  musibah bisa menimpa siapa saja. Orang yang beriman atau pun tidak. Tak terkecuali. Dan, tak terduga waktunya. Tentu, ada kesedihan dan kepedihan di sana. Atas peristiwa itu banyak orang yang berempati dan berbela sungkawa. Inilah musibah dunia.

Ada musibah dunia, ada pula musibah agama. Musibah agama hanya dirasakan oleh orang-orang shalih. Hanya mereka yang bisa bersedih ketika ditimpa. Dan, atas musibah ini tidak ada orang yang berempati maupun berbela sungkawa. Salah satu ciri-ciri orang bertakwa, kata Utsman bin Affan adalah mereka yang bersedih atas musibah ini.

Saudaraku, mari kita belajar kepada Umar bin Khattab tentang musibah ini.

Suatu ketika Umar bin Khatthab tertinggal satu rakaat shalat jamaah. Kala itu Umar masih berada di kebun kurma. Umar bersedih atas hal itu, lantas dia menjual kebun kurmanya.

Nah, mari bertanya kepada diri! Saat tertinggal shalat, sedihkah? Dimanakah kita saat itu? Dan, apa yang kita lakukan atas hal itu?

Sosok penuh inspirasi itu bernama Umar bin Khatthab.

Saudaraku, sepenggal sikap Umar begitu dahsyat.  Pelajaran besar bagi kita yang tidak pernah merasa tertinggal shalat jamaah adalah sebuah musibah.

Dari sikap Umar, kita belajar sepenggal ucapan Umar.

Suatu ketika beliau Umar bin Khatthab berkata : ”Suatu negeri akan hancur meskipun ia makmur.” Mereka berkata : ”Bagaimana suatu negeri hancur sedangkan ia makmur?” Umar menjawab : ”Jika orang-orang penghianat menjadi petinggi dan harta dikuasai oleh orang-orang yang fasik.”

Terulah kita belajar kepada sosok mulia ini, Umar bin Khattab.

Mari kita merenungi satu nasehat beliau lagi.

Beliau berkata : “Seorang mukmin ialah dia yang senang dengan kebaikannya (ibadah) dan gelisah dengan keburukannya (dosa)”

Saudaraku, silahkan bertanya kepada diri masing-masing:  “Duhai diri, mana yang lebih engkau sukai, ibadah ataukah dosa?”  Dan, tahukah kita sejatinya diri termasuk yang mana. Sebab kita tak mungkin membohongi diri. Sosok penuh inspirasi itu bernama Umar bin Khattab. Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

Baca Juga

Ini Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Keliling Indonesia Sekarang

Ini Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Keliling Indonesia Sekarang

Bercita-cita keliling dunia? Keinginan itu bukanlah sebuah hal yang salah. Tapi sebelum mewujudkan keliling dunia, ...

*Touch on black area to close