RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Anak » Membiasakan Anak Gemar Membaca

Membiasakan Anak Gemar Membaca

anak bacaMitraFM.com– Apakah Anda gemar membaca? Jika Anda gemar membaca selayaknya hobi itu ditularkan kepada orang lain, termasuk buah hati Anda. Karena membaca adalah hobi yang bermanfaat bagi segala usia. Sayangnya, mengajarkan si kecil untuk hobi membaca bukanlah hal yang mudah. Tapi, bukan berarti tidak bisa.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar membaca menjadi aktivitas yang menyenangkan dan digemari buah hati Anda. Berikut adalah empat cara mudah yang bisa Anda coba bersama si kecil:

  1. Mulailah dengan buku yang tipis
    Jangan mengharapkan anak Anda langsung berminat untuk membaca buku yang tebal. Awalnya, coba tawarkan buku tipis yang berisikan gambar-gambar menarik. Hal tersebut setidaknya dapat menarik minat anak untuk mulai membuka dan memperhatikan isi buku. Paling tidak mereka akan terbiasa memegang buku dan melihat-lihat gambarnya.
  2. Tawarkan jenis buku yang disukai
    Tak ada salahnya menawarkan jenis buku yang anak-anak sukai seperti komik bergambar atau cerita dongeng bergambar, sebelum Anda secara perlahan menawarkan buku yang lebih dalam, seperti ensiklopedia anak. Selain untuk menumbuhkan minat, buku komik dan dongeng sebenarnya memliki perbendaharaan kata yang belum terlalu banyak dan lebih mudah dimengerti oleh anak-anak. Karna memang buku komik dan dongeng secara bahasanya disesuaikan dengan kemampuan berbahasa anak.
  3. Turut berpartisipasi
    Jika Anda dapat meluangkan waktu, duduklah bersama anak dan luangkan sejenak waktu membaca bersama. Atau Anda bisa membacakan kisah Nabidan para sahabat sebelum mereka beranjak tidur. Aktivitas membaca ini jauh lebih menyenangkan bagi anak. Anda juga lebih memiliki waktu berkualitas bersama sang anak.
  4. Jangan pernah menghukum anak dengan membaca
    Buatlah membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan bagi memori anak. Jangan pernah menghukum anak Anda dengan menyuruhnya membaca. Pastinya, jika Anda menghukum anak dengan cara menyuruhnya membaca dan diberi tenggat waktu, ia tidak akan pernah menyukai buku, dan menggangap kalau membaca adalah aktivitas yang menakutkan. (Choirin Fitri/ Sapa Bunda)

 

Baca Juga

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

MitraFM.com – Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi. Torehan prestasi menjadi ...